Polisi Pelaku Penganiayaan Divonis 18 bulan Penjara

Polisi Pelaku Penganiayaan Divonis 18 bulan Penjara

Jayapura- Bripka Suherman dan Briptu Jarius Triyono Damanik, 2 anggota Polresta Jayapura yang melakukan penganiayaan terhadap 3 warga base G  telah divonis oleh majleis Hakim di PN Jayapura(20/01/2016).

Keduanya terbukti melakukan pidana sebagaimana Pasal 170 ayat(2) kesatu yakni secara terang-terangan bersama-sama melakukan kekerasan yang menyebabkan luka-luka terhadap warga sipil di pantai Base G yakni Yafet Awom(19 tahun), ELiezer Wilhelmus Awom(26 tahun) dan Soleman Yom(24 tahun).

Ketika korban diambil paksa di dekat rumah mereka di Base G Jayapura pada tanggal 27 Agustus 2015.

Mereka dipaksa mengaku telah mencuri motor milik pelaku. Mereka kemudian dibawa ke kampung Buton di Skyline, Koya dan kemudian dilarikan ke Sosiri Sentani Barat dengan menggunakan mobil jenis Suzuki Ertiga.

Di Sosiri, Eliezer Awom dan Soleman Yom disuruh lari sambil ditembak, namun keduanya lolos karena melompat ke jurang sedangkan Yafet Awom dibawa kembali ke Polresta Jayapura, sempat dimasukan dalam sel semalam lantas diberikan uang rp.10.000,- untuk pulang ke rumahnya.

Sepanjang perjalanan, kedua terdakwa memukul para korban dengan belakang pistol, menusukkan belati dan memukul dengan tangan kosong.

“Pemukulan itu terjadi berkali-kali, hingga tidak dapat dihitung pengulangannya,” demikian ujar Hakim ketua saat membacakan putusannya.

Pada persidangan sebelumnya, kedua terdakwa menyampaikan pembelaan yang pada pokoknya mengakui perbuatannya. Para terdakwa juga tidak membantah keterangan para saksi korban.

Namun dalam nota pembelaannya itu, keduanya menyatakan telah menyesal, tidak akan mengulangi perbuatannya dan meminta agar majelis hakim memberikan keringanan hukuman.

Meski demikian, majelis hakim menjatuhkan hukuman yang sama dengan tuntutan yang disampaikan oleh Jaksa Penuntut Umum(JPU) yakni 1,6 tahun atau 18 bulan.

Usai membacakan putusannya, hakim ketua A.Infandi SH menyatakan bahwa JPU maupun terdakwa mempunyai hak untuk menyatakan banding.(Tim/AlDP).