Pilkada Mimika 11  Pasang Calon Bertarung

Pilkada Mimika 11 Pasang Calon Bertarung

Timika-Sehari menjelang Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) kabupaten Mimika, suasana kota Timika terlihat aman. Meski pun masih ada keluhan beberapa warga kota akibat dari belum menerima undangan atau panggilan untuk Pilkada besok tanggal10/10/2013.

“Seluruh logistik sudah di distribusikan, untuk daerah jauh seperti Kabupaten Mimika Barat dan Mimika Timur dilakukan kemarin (08/10/2013) sedangkan untuk sekitar kota dan Mimika Baru,kita distribusikan hari ini,” Ujar Ketua KPU Kabupaten Mimika, Karolus Tsunime Amd Pert, saat di temui AlDP Online di ruang kerjanya.

Karolus yang sudah memiliki pengalaman selama 2 periode di KPU Kabupaten Mimika, Nampak tenang mengendalikan semua tugas dari ruang kerjanya.

Pada Pilkada Mimika tahun ini, ada 11 pasang calon yang terdiri dari 5 didukung dari koalisi Partai dan 6 calonPerorangan.

“Awalnya ada 14 pasang calon, setelah kami lakukan verifikasi administrasi dan actual,hanya lolos 11 pasang.Kemudian 3 pasang calon yang tidak lolos menggugat. Putusan PTUN meminta kami untuk melakukan verifikasi ulang, hasilnya tetap 11 pasang calon. Verifikasi ulang ini membuat Pilkada yang direncanakan tanggal 8 Oktober menjadi 10 Oktober,’ jelasnya.

Karolus memahami bahwa ada gangguan-gangguan selama proses dilakukan akibat dari perbedaan pandangan dan analisa.

“Ini irama demokrasi, yang penting tidak ada gangguan yang berarti hingga menghambat pelaksanaan besok,” katanya bijak.

Kantor KPU Kabupaten Mimika terlihat sangat ramai, banyak aparat kepolisian, terlihat juga Kapolres Mimika. Kemudian petugas KPPS dari berbagai distrik datang untuk menerima dana pembuat TPS yakni sebesar 2 juta rupiah/TPS.

Selain itu masih ada satu pasangan calon yang telah gugur, menghendaki dapat bertemu dengan ketua dan anggota KPU Kabupaten Mimika.(Tim/AlDP).