Pihak Ketiga Masih Khawatir Membantu Narapidana

Biak-Berbagai upaya sudah dilakukan untuk meningkatkan usaha produktif penghuni LP Biak namun masih sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari Pihak Ketiga, “ Para pengusaha selalu khawatir untuk membantu penghuni LP padahal inilah yang dimaksud sebagai program asimilasi dengan Pihak Ketiga,”ujar kepala Bagian Registrasi LP Biak, S.Purba,S.Sos(20/06/2012)

Sejauh ini kegiatan ekonomi produktif yang dilakukan oleh pihak LP belum dapat dikembangkan karena sifatnya masih untuk meningkatkan aktifitas penghuni LP, sulit untuk dipasarkan dan biasanya hanya dibeli atau digunakana oleh keluarga penghuni LP seperti di bagian pertukangan, lanjutnya

Kegiatan ekonomi produktif lainnya adalah pemeliharaan ternak, cetak batu tela dan pencucian mobil dan motor. Ada sekitar 10 orang penghuni LP yang dipekerjakan. Adapun keuntungannya, 50% untuk penghuni LP dan 50% diserahkan ke LP dari 50% ke LP, 15% untuk kas dan 35% dikembalikan sebagai dana pembinaan.

Menurutnya agak sulit jika pemerintah hanya memberikan pelatihan atau ketrampilan namun tidak disertai dengan jaminan diserapnya tenaga kerja penghuni LP ataupun adanya kegiatan lanjutan yang dapat dikembangkan oleh penghuni. “Kalau mereka bisa membuat sesuatu tapi tidak ada yang beli, sama saja”:.

Sayangnya juga sudah sekitar 4 tahun ini pemerintah tidak lagi mengadakan pelatihan-pelatihan di LP padahal sebelumnya dilakukan oleh dinas Deperindag, Depnaker dan Sosial sering melakukan pelatihan.

Pemerintah pernah memberikan bantuan dalam bentuk mesin press batu dan mesin jahit namun untuk mesin jahit belum digunakan secara maksimal,” Ada 3 unit dari dinas social. Yah yang mau pakai untuk jahit pakaiannya silahkan, kalau tidak dibiarkan saja,” tambahnya.

Selain bantuan alat ekonomi produktif sebaiknya pemerintah menyediakan instruktur dan modal kerja agar benar-benar dapat membuat penghuni LP menjadi mandiri.

Dia mengharapkan ada dukungan semua pihak terutama pemerintah daerah dan pengusaha di daerah untuk mau bekerjasama dengan LP mengembangkan ketrampilan yang dimiliki oleh penghuni LP.

Kini LP Biak dihuni 109 penghuni dari 120 kapasitas yang ada,terdiri dari 102 narapidana dan 7 tahanan, 7 diantaranya perempuan. (Tim/AlDP).