PH Minta Yosep Dirawat

PH Minta Yosep Dirawat

IMG20141126173752Wamena-Setelah mendampingi kliennya yakni Yosep Siep saat menjalani pemeriksaan di RS Umum Wamena, Anum Siregar SH mengajukan surat permohonan pembantaran terdakwa.

“Kami memohon agar terdakwa mendapatkan perawatan yang intensif melalui rawat inap di RS Umum Wamena,” demikian bunyi suratnya.

Anum memastikan bahwa penyakit yang diderita kliennya membutuhkan perawatan yang tidak mungkin didapat di dalam Lapas.

“ini untuk menghindari situasi yang lebih buruk,” Lanjutnya.(26/11/2014).

Dirinya mengatakan bahwa telah melakukan koordinasi dengan Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Wamena, Teguh Basuki H.Y.SH,MH dan Kasi Pidum telah memahami kondisi tersebut.

“Cuma sepertinya yang dikhawatirkan dari segi keamanan. Tidak sama sih kekhawatirannya dengan dokter. Kalau dokter tadi sampaikan mereka hanya melakukan perawatan dan jangan dibebani untuk menjaga. Sedangkan kalau kejaksaan khawatir Terdakwa akan lari,” jelasnya lagi.

Kemudian Kejaksaan meminta adanya jaminan dari pihak keluarga.

“Sudah disiapkan dan diajukan, kita harap dikabulkan, kalau tidak, siapa yang akan bertanggung jawab kalau terjadi hal yang lebih buruk lagi,?” Tanyanya sambil mengingatkan adanya kasus kematian yang baru-baru dialami oleh seorang tahanan di Lapas Wamena karena kondisi kesehatan yang tidak ditangani dengan serius.

Yosep Siep, Jhony Marian, Ibrahim Marian, Marthen Marian dan Jali Walilo adalah Terdakwa yang diduga berencana menggagalkan pemilu dan membuat bom Molotov di Wamena.

Mereka didampingi oleh koalisi LSM yakni AlDP dan LBH Papua serta YTHP Wamena sebagai tim advokasi non litigasi.(Tim/AlDP).