Petugas LP Kurang Dihargai

Petugas LP Kurang Dihargai

Jayapura – Kalapas LP Narkoba Klas II A Jayapura, Endang Lintang Hardiman SH, MH mengatakan betapa sulitnya menjadi petugas LP. Harus berhadapan dengan berbagai karakter manusia, sementara jumlah petugas LP masih terbatas.

“Perhatian terhadap petugas LP juga masih sangat kurang,” kata Endang Lintang Hardiman saat ditemui, Selasa.

LP Narkoba berpenghuni 135 orang, 2 diantaranya merupakan narapidana titipan dari LP Abepura yang bukan tersangkut kasus narkoba. Dari jumlah tersebut 13 diantaranya perempuan dan ada 15 orang warga negara asing (PNG).

“Idealnya dengan jumlah segitu, harus ada 100 orang petugas tapi kini kami hanya memiliki 65 orang petugas,” ujarnya.

Endang menjelaskan komposisi ideal petugas mulai dari yang menjaga di 4 menara, piket utama, penjaga blok, tenaga medis, dll. “Jumlah pada tiap posisi tidak bisa harus pas, mesti ada cadangan,” ucapnya.

Akibat minim personil, petugas LP rata-rata bekerja 12 jam sehari, bahkan di piket utama bekerja 12 jam sehari.

“Kami tidak ada libur dan kerja setiap saat. Bahkan ketika hari libur, saat petugas di instansi lainnya libur, petugas LP justru harus ekstra kerja seperti saat natal atau hari minggu karena justru pengunjung sangat banyak,” katanya.

Masalah lain yang perlu diwaspadai jika ada tahanan yang sakit, sebagai petugas tidak berhak untuk mengeluarkan tahanan, karena itu kewenangan JPU.

“Tapi kalau libur, HP JPU nya off, kami mau bagaimana, serba salah. Tidak dibawa salah, dibawa kalau terjadi apa-apa, kami yang disalahkan,” ujarnya.

Ia membandingkan dengan petugas penegak hukum lainnya yang mendapatkan perhatian dan dukungan lebih. Ini terbalik dengan petugas LP Narkoba, meskipun sudah bekerja keras, masih sering disalahkan dan tidak dihargai.

“Harus juga ada perhatian terhadap petugas LP, beban kerjanya cukup tinggi. Coba bawa psikolog dan cek kondisi petugas, sarat tanggungjawab yang besar,” ujarnya lagi.

“Saya mengatakan ini semua agar kita lebih memahami situasi di LP dan janganlah dengan mudah menyalahkan petugas.Ini tanggungjawab kita bersama untuk mengatasi masalah yang terjadi di LP,” katanya bijak. (Tim/AlDP)