Petugas LP Harus Menjaga Kehormatannya

Petugas LP Harus Menjaga Kehormatannya

Jayapura –  Lili Ika Rosita, Kepala Bidang Keamanan dan Pembinaan Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Papua mengatakan, butuh orang yang super untuk menjadi petugas di Lembaga Pemasyarakatan.

“Memang tidak mudah. Apalagi kita belum dapat patuh pada aturan, sehingga hampir dalam semua hal harus dilakukan pengawasan. Saya seringkali menyampaikan agar petugas dapat menjalankan fungsinya. Petugas LP harus menjaga kehormatannya,” kata Lili, kemarin.

Kalau petugas tegas dan taat aturan, narapidana juga tidak akan berbuat seenaknya. Dengan begitu, masalah di LP kemudian bisa diatasi. “Bagi saya menjadi petugas LP tidak cukup dibekali dengan tehnis pemasyarakatan tapi juga ketrampilan sebagai pekerja sosial,” ujarnya.

Ia tidak menampik jika ada anggapan bahwa petugas seringkali lalai atau melakukan hal-hal yang justru tidak produktif.

“Kita bisa bayangkan, setiap hari petugas menjaga manusia. Biasanya kalau tanpa aktifitas maka cenderung tergoda untuk melakukan hal-hal yang tidak benar,” ucapnya.

Oleh karena itu, untuk mengisi waktu kosong, seharusnya petugas membaca buku atau menggunakan komputer mencari informasi untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan. “Tapi di sini sarana seperti itu juga terbatas, hampir tidak ada,” jelasnya.

Baginya, dalam rangka memperbaiki kinerja pegawai LP, perlu ada pelayanan yang maksimal buat warga binaan.

“Ada hal yang baik dan ada hal yang buruk. Mari kita diskusi dan lihat apa yang bisa kita kerjakan sama-sama, ini semua tanggungjawab bersama,” katanya. (Tim/AlDP)