Perubahan di LP Abepura, Kekerasan Masih Terjadi

Perubahan di LP Abepura, Kekerasan Masih Terjadi

Jayapura – LP Klas I A Abepura di Jayapura terlihat sudah mulai berubah. “Sekarang pengunjung bisa masuk sampai di halaman bawah,” ujar kalapas Abepura saat  ditemui Tim AlDP, Senin (10/12/2012).

Pihak LP membangun pondok-pondok kecil di halaman dalam sehingga pengunjung dapat masuk. Sebelumnya pengunjung hanya bisa bertemu keluarga (tahanan atau narapidana) di ruang kecil dengan pembatas seperti loket berobat rumah sakit.

“Sebaiknya kami menanyakan klien kami di tempat terpisah supaya fair apakah ada perubahan yang mendasar di LP ini,” kata Cory Silpa  menanggapi pernyataan kalapas.

Ternyata benar, di tempat terpisah, ada tahanan atau narapidana yang menyatakan  bahwa meskipun terjadi perubahan tapi situasi di LP Abepura masih seperti dulu. “Aksi kekerasan dan sikap petugas yang arogan masih terjadi,” jelas seorang terpidana 15 tahun penjara yang minta namanya tidak ditulis.

“Setidaknya ada 3 hal yang dikerjakan petugas LP setiap hari dan mencerminkan sikap yang tidak baik,” ujar narapidana lain sambil menyebutkan kebiasan petugas yang negatif. Termasuk praktek pungli terhadap tahanan dan narapidana.

Kedua narapidana tersebut mengatakan, sudah mulai ada keinginan untuk menyusun beberapa aturan yang lebih rinci serta rambu-rambu yang mencerminkan sikap saling menjaga dan menghormati. Seperti dibuatnya spanduk berisi ketentuan mengenai hak-hak tahanan, dan narapidana dan di pasang di pagar pembatas ke arah blok mereka.

“Selain itu mulai tahun depan akan ada kotak pengaduan, siapa tahu ada yang merasa dirugikan tapi takut melapor, hanya saja meski ada aturan tapi implementasinya masih sangat susah,” katanya lagi.

“Kita berharap kondisi LP menjadi lebih baik, tahanan apalagi narapidana mendapatkan perlakukan yang semestinya, hak-hak sebagai tahanan atau narapidana juga ada,” ujar Dominikus Sorabut yang ikut berbincang bersama tim AlDP. (Tim/AlDP)