Perlu Ada Program Lintas Sektoral

Perlu Ada Program Lintas Sektoral

Supiori – Puskesmas Sabarmiokre distrik Supiori Barat melayani 6 kampung di distrik Supiori Barat. Psukesmas membawahi 6 Pustu dimana 3 pustu belum memiliki perawat yakni Pustu Napisendi, Wayori dan Mapia.

“Setiap Pustu dilengkapi faslititas motor laut atau speadboat dan motor untuk di darat,” Ujar Ruhaya kepala Puskesmas Sabarmiokre kepada AlDP online.(22/06/2012).

Pada kampung jauh yakni Desa Masyai(kampung Meosbefondi) pustunya sudah rusak dan tidak ada petugas sehingga pelayanan kesehatan dilakukan melalui Puskesmas keliling pada setiap minggu ketiga dalam setiap bulan. Diperlukan 2 jam untuk sampai ke Meosbefondi dengan menggunakan speedboat berkekuatan 2 mesin bertenaga 40 PK.

Selain dilengkapi dengan speedboat, Puskesmas juga memiliki ambulance namun sayangnya sudah rusak sejak bulan lalu dan belum diperbaiki meksipun sudah diberitahukan ke dinas.

Kendala lainnya adalah masalah cuaca saat melakukan pelayanan akibatnya kadang  pelayanan ditunda ataupun saat pelayanan penduduk tidak banyak yang datang.

Puskesmas memiliki ruang rawat inap yang sebenarnya belum layak karena belum ada saluran air namun tetap digunakan apabila ada pasien yang harus dirawat inap.

Ada petugas medis yang masih tinggal di luar karena kekurangan rumah dinas. Salah satu rumah dinas yang rusak dan hingga kini belum dirawat adalah rumah untuk dokter gigi yang bersebelahan pas dengan ruang BKIA.

Ruhaya berharap ada kerjasama lintas program dan sektoral sehingga tidak semua masalah kesehatan dibebankan kepada Puskesmas. Lanjutnya, “Misalnya masalah gizi buruk, tidak saja menjadi tanggungjawab dari Puskesmas tapi dari dinas social, perkebunan, PKK distrik dan LSM”.(Tim/AlDP).