Perempuan Diharapkan Berperan Dalan Negosiasi Perdamaian

Perempuan Diharapkan Berperan Dalan Negosiasi Perdamaian

Makasar – Mendorong keterlibatan perempuan dalam memperjuangkan perdamaian sudah menjadi perhatian lembaga-lembaga dunia. Salahsatunya melalui Pelatihan Perempuan Perdamaian (N-Peace training on Women waging peace in Indonesia) yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Makassar pada tanggal 26-29 Juni 2012.

Peserta pelatihan merupakan perempuan utusan dari LSM, lembaga pendidikan, media dan pemerintahan di Papua yang selama ini berjuang untuk keadilan dan perdamaian baik yang ada di Papua maupun mahasiswa Papua yang ada di Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama N-Peace Network, Search for Commonground, The Institute for Inclusive Security, Australian AID, dan UNDP.

Fasilitatornya antara lain Shadiah Marhaban (Liga Inong Aceh), Kahirul Hasni (JARI-Aceh), Hilda Rolobessy (Lakpesdam NU Ambon), Damai Pakpahan (Circle Indonesia), Adriana Venny (Koalisi GBV-Gender Based Violence). Kelima fasilitator ini sebelumnya sudah mengiktui Training of Trainer N-Peace di Bangkok Thailand Bangkok pada Oktober 2011.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang isu-isu perempuan, perdamaian dan keamanan, termasuk Resolusi DK PBB No.1325 dan  negosiasi perdamaian. Diharapkan peserta nantinya dapat berperan aktif di komunitas masing-masing. Mensosialisasikan pengetahuan dan ketrampilan yang didapat guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya dialog damai;

Selain itu untuk meningkatkan ketrampilan peserta dalam melakukan advokasi sehingga dapat bekerja bersama dalam menginisiasi partisipasi perempuan sebagai penggagas perdamaian termasuk berperan aktif dalam proses perdamaian di Papua, dan memperkenalkan jaringan perempuan agen perdamaian di skala nasional maupun regional (N-Peace).

Sehingga kelak akan dapat saling bekerja sama dan mendukung misalnya dalam menginisiasi perdamaian di tingkat lokal, mendukung Rencana Aksi Nasional Perlindungan, Pencegahan dan Pemberdayaan Perempuan (RAN P4DK) di tingkat nasional dan mendorong kepemimpinan perempuan dalam isu perdamaian di tingkat regional.(01/AIDP).