Pemeriksaan Areki Rencananya Akan Dipindahkan Juga ke Polda Papua

FOTE052-1Wamena-Selain Areki, pada 5 agustus 2014, pihak Polres menangkap 5 orang warga sipil lainnya yakni Denny Dou, Enius Wanimbo, Yorius Wanimbo, Esau Wanimbo, dan Dyius Wanimbo.

Pada waktu itu, pihak AlDP sempat berkomunikasi via telepon kepada pihak Polres Jayawijaya, menyatakan protes terkait tindakan yang dilakukan oleh pihak Polres.

“KUHAP menegaskan waktu penangkapan itu hanya satu hari, jadi mereka tidak dapat ditahan terus tanpa ada surat., “ jelas Anum Siregar SH saat itu.

Tidak lama setelah komunikasi tersebut, ketiganya dikeluarkan, menyusul dua orang yang telah dikeluarkan lebih dulu.

“Kami sempat protes ke pihak Polres sebab sampai dengan malam hari tanggal 6 Agustus 2014, mereka belum dilepas dan tidak ada juga perintah Penahanan, baru akhirnya setelah melakukan koordinasi dengan pihak Polres, mereka dikeluarkan”.

Saat melakukan pertemuan dengan pihak pengacara, Kapolres Jayawijaya AKBP Adolf Rudi Beay, S. Ik, S.E menegaskan bahwa ketiganya sementara masih berstatus sebagai saksi dan sewaktu-waktu dapat dipanggil kemballi.

Selain itu Kapolres juga menginformasikan bahwa sedang melakukan koordinasi dengan pihak Polda Papua karena ada kemungkinan pemindahan Tersangka Areki ke Polda Papua(Jayapura). agar pemeriksaan lebih efektif sebab 2 jurnalis yang ditangkap sudah lebih dulu ada di Jayapura.

Areki saat ditemui pengacaranya mengatakan bahwa dirinya tidak mengenal dan baru pertama kali bertemu dengan 2 jurnalis tersebut sesaaat sebelum mereka akhirnya ditangkap.(Tim/AlDP