Pembangunan di Kabupaten Keerom Tidak Merata

Pembangunan di Kabupaten Keerom Tidak Merata

Yuruf-Masyarakat Web memandang bahwa pembangunan di kab Keerom tidak merata.Pemerintah kabupaten menerapkan  kebijakan diskriminatif yang menyebabkan pembangunan di wilayah III, khususnya distrik Web diabaikan. Pembangunan hanya diprioritaskan pada wilayah I dan II yakni distrik sekitar Arso Kota,Skamto dan Arso Timur.

“Bupati mengakui sendiri waktu ada pertemuan di Sentani,katanya ditahun 2012 dia akan mulai melakukan pembangunan di distrik Web,bupati katakan tahun sebelumnya saya tidak bagi-bagi pembangunan,”Ujar kepala kampung Yuruf,Cornelius Watae saat pertemuan dengan warga di gereja Santa Maria Bunda Allah Yuruf(7/04/2012).”Saat itu kami kecewa dengan pernyataan Bupati,”lanjutnya.

Setelah itu barulah bupati menegaskan bahwa bentuk pembangunan tahun 2011-2012 di distrik Web adalah transportasi jalan yang terus diperbaiki dan pemasangan tower untuk komunikasi.Menurutnya pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat bukan saja sarana transportasi dan tower komunikasi.

Menurutnya kebijakan bupati disebabkan karena distrik Web saat pilkada 2010 tidak memihak pada Bupati terpilih sekarang sehingga bupati tidak mau memperhatikan mereka. Katanya,pembangunan yang ada sekarang ini bukan dirancang oleh bupati dan strukturnya yang ada tapi dirancang oleh tim sukses Wally dan Markum(bupati dan wakil bupati terpilih) akibatnya hanya memihak pada kelompok tertentu saja terutama masyarakat di sekitar Arso Kota.

“Pembangunan harus menyeluruh,”katanya lagi. Menurutnya  akibat diskriminasi  maka masyarakat distrik Web mengalami ketinggalan untuk pembangunan ekonomi,pendidikan dan kesehatan.Selain itu Cornelius menyayangkan kebijakan pembangunan yang berubah-ubah.Menurutnya prioritas pembangunan yang sudah ada sebelumnya diganti,ganti bupati maka diganti prioritasnya.Sehingga masyarakat tidak memahami kebijakan yang sedang dijalankan di distrik Web.Masyarakat Web dari dulu hingga kini tidak menikmati pembangunan dan hanya jadi penonton bagi pembangunan di wilayah Kab Keerom.(Tim/AlDP).