Pelayanan Pustu Harus Maksimal

Pelayanan Pustu Harus Maksimal

Jayapura – Masyarakat Tarfia distrik Demta sangat mengharapkan pelayanan kesehatan yang memadai karena sampai saat ini pelayanan kesehatan di kampung Tarfia sangat minim. Meskipun kini Pustu Tarfia baru dibuka kembali dengan kedatangan seorang bidan. “masih kurang,” demikian penjelasan kepala kampung Tarfia saat ditemui AlDP online pekan lalu.

Baginya bukan hanya masalah tenaga medis tapi bangunan dan peralatan yang ada di pustu juga sangat minim, sehingga kalau ada pasien yang butuh perawatan intensif harus segera dirujuk ke Puskesmas Demta bahkan ke rumah sakit pemerintah kabupaten Jayapura di sentani (RS Yowari).

Kepala kampung kemudian menyarankan agar ada penambahan petugas Pustu dan  obat-obatan. “ Karena pelayanan kesehatan bersentuhan langsung dengan kebutuhan  masyarakat. Kalau tenaga dan peralatan medis tidak memadai apa artinya, pelayanan kesehatan, jangan hanya symbol”.

Katanya, jika petugas dan peralatan medis siap di Pustu maka masyarakat tidak perlu pergi ke Puskesmas atau rumah sakit apalagi masyarakat di Tarfia tergolong tidak mampu,berobat ke luar dari kampung membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk transportasi laut, darat dan keluarga yang menjaga.

“Kadang juga sudah susah payah di rumah sakit, surat keterangan tidak mampu dari kepala  kampung tidak ada artinya, tidak dipakai”.Selain itu prosedurnya berbelit-belit.

Pemerintah kampung Tarfia berharap dinas kesehatan mau turun ke kampung-kampung untuk melihat kinerja petugas di Pustu.  “Jangan hanya mendengar laporan pertugas di lapangan, supaya dapat tahu peristiwa yang terjadi dan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan pustu itu sendiri”.

Selain itu agar pelayanan kesehatan yang memadai sesuai standar pelayanan kesehatan dan keberpihakan kepada masyarakat kecil sesuai UU otonomi Khusus Papua. Pustu di Tarfia salah satu Pustu dari 52 Pustu yang ada di kabupten Jayapura.(Tim/AlDP).

  • http://www.abetnechowenda@yahoo.co.id abetnecho

    kami rang papua kekurangan tenaga- tenaga kesehatan leh karena itu pemerintah hatus membuat prgram kusus untuk mempersiapakn kader kader atau SDM di bidan kesehatan,
    saya mhn kepada seruluh pemerintah se- papua harus mempersiapkan masa depan untuk papua yaitu hanya membutuhkan tenaga kesehatan sehingga papua bisa maju