Pelayanan Kesehatan di Yuruf Mengalami Kendala
PSK di Yobar, Merauke

Pelayanan Kesehatan di Yuruf Mengalami Kendala

Yuruf-Pelayanan kesehatan menjadi salah satu kebutuhan utama di Yuruf yang hingga kini belum dapat dipenuhi secara baik oleh pemerintah.Di Yuruf hanya ada 1 Puskesmas Pembantu(Pustu) dengan 1 petugas medis. Pustu harus melayani sekitar 5 kampung atau desa yang lumayan jauh jaraknya dengan ratusan Kepala Keluarga(KK).
Petugas medis biasanya menunggu pasiennya untuk datang berobat ke Pustu sedangkan jarak yang cukup jauh dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya pengobatan sejak awal waktu sakit maka seringkali Pustu jarang dikunjungi pasien.
“Pemerintah kampung telah berkali-kali mengajukan permohonan penambahan tenaga medis namun pemerintah belum menjawab kebutuhan kami,”demikian penjelasan kepala kampung Yuruf,Cornelius Watae.(07/04/2012)
Akibat dari  tidak efektifnya pelayanan yang dilakukan oleh Pustu dan obat-obatan yang terbatas maka banyak warga yang enggan untuk berobat ke Pustu,”Jadi tambah sakit dan meninggal,”tambahnya lagi.
Petugas medis di Pustu Yuruf tidak dilengkapi dengan kendaraan operasional setidaknya sepeda motor padahal ada juga kampung yang jauh seperti kampung Akrienda.Sedangkan mobil Puskesmas keliling berada di Ubrub ibukota distrik Web yang jaraknya sekitar 45 menit dengan kondisi jalan yang sangat buruk sehingga bisa saja mobil Puskesmas tidak mampu menerobos jalan dari Ubrub ke Yuruf.
“Jadinya kami tambah susah,kalau ada kami punya warga yang mau dirujuk,kami harus ke Ubrub dulu minta mobil baru balik ke Yuruf dan ke kota,tidak mungkin dirujuk ke Puskesmas karena sama saja penangananya,jadi makan waktu,makan biaya,”jelas Cornelius. Kadang juga masyarakat yang tidak sabar menumpang atau membayar mobil pembeli coklat atau mobil perusahaan yang kebetulan lewat di Yuruf dan langsung membawa keluarga mereka ke Kota.

Masyarakat berharap,Dinas kesehatan Kabupaten Keerom menambah tenaga medis dan juga menyediakan mobil khusus pelayanan kesehatan di Pustu agar mereka tidak harus menunggu mobil Puskesmas dari Ubrub.(Tim/AlDP)