Pastor Neles : Papua Tanah Damai Sebagai Visi dan Usaha Bersama

Pastor Neles : Papua Tanah Damai Sebagai Visi dan Usaha Bersama

Jayapura-Jaringan Damai Papua(JDP), Aliansi Demokrasi Untuk Papua(AlDP) dan Jaringan Kerja Perempuan-TIKI melakukan Konsultasi Publik guna memperluas dukungan gagasan dialog dari kelompok perempuan..

Diskusi yang digelar di Aula Pertemuan P3W di Padang Bulan bertujuan untuk menghasilkan perspektif perempuan mengenai gagasan Papua Tanah damai.

“Papua tanah damai sebagai visi dan Papua tanah damai sebagai usaha bersama,” Ujar Dr.Pastor Neles Tebay, Pr,saat memberikan pengantar pada pertemuan tersebut.(13/10/2014).

“Papua tanah damai maknanya lebih dari pada sekedar tidak ada kekerasan dan perang. Damai itu perlu diperjuangkan di Papua karena damai adalah hasrat terdalam dari setiap pribadi dan semua orang tanpa diskriminasi,”Ujarya.

Lebih lanjut Pastor yang merupakan koordinator JDP itu mengatakan bahwa sosialisasi mengenai gagasan dialog terus dilakukan untuk memperluas dan memperkuat dukungan dari berbagai komponen masyarakat.

Lanjutnya, “Dalam rarngka persiapan dialog, kita juga harus membekali diri kita dengan konsep, oleh karena itu hari ini penting untuk mengetahui konsep Papua tanah damai dari perspektif Perempuan sehingga nanti kalau pemerintah menawarkan, kita sudah siap dengan konsep tersebut”.

JDP tidak saja melakukan publik konsultasi dengan kelompok perempuan di Jayapura, tetapi juga akan dilakukan di sejumlah tempat ternasuk di Merauke. Selain itu akan dilakukan pertemuan kembali di sejumlah tempat untuk komunitas non Papua guna merawat dukungan yang sudah ada.

DIskusi tersebut difasilitasi oleh Fien Yarangga dari TIKI dan Anum Siregar dari AlDP dengan dihadiri sejumlah tokoh perempuan Papua.(Tim/AlDP).