Pastor Neles : Dialog Pemerintah dan Rakyat Papua Belum Siap

Pastor Neles : Dialog Pemerintah dan Rakyat Papua Belum Siap

Jayapura-“Papua dan pemerintah belum siap,”Ujar Dr.Pastor Neles Tebay Pr,saat menjawab pertanyaan peserta mengenai gagasan dialog yang dirasakan berjalan lambat jika dibandingkan dengan Dialog di Aceh.(13/10/2014).

“Di Papua ada yang mau dialog tapi ada yang tidak mau juga di kelompok pemerintah maka ada kesan lambat. Sehingga tahun ini JDP berusaha memperluas dan memperbanyak jumlah orang yang mau mendukung. Pendukungnya sekarang sudah banyak baik di Papua maupun di Jakarta dan juga di luar,” ujarnya saat sebagai narasumber di kegiatan diskusi JDP,AlDP dan TIKI mengenai Perspektif Perempuan mengenai Papua Tanah Damai.

Lanjutanya, “Aceh cepat dan Papua lama karena(di Papua) belum ada jembatan, belum ada jembatan Jakarta ke Papua, yang tidak saja bertemu orang di Papua tapi juga di luar Papua”.

“Positifnya dari keterlambatan ini, di Papua masih ada waktu untuk berpikir, semakin banyak pihak terlibat dalam diskusi, akan ada rasa memiliki, asal kita tidak menunggu sampai 40 tahun!”

Katanya lagi,”bagi orang Papua bukan menanti kapan dialog terjadi tetapi kita mempersiapkan diri untuk merumuskan masalah-masalah supaya kita bisa mewujudkan perdamaian,” tegasnya

“Kalau orang bilang masalah Papua seperti benang kusut maka kita akan uraikan dia sehingga penangananya menjadi lebih mudah”.

Menurutnya mempersiapkan konsep dengan melibatkan berbagai pihak adalah hal yang paling tepat untuk mengetahui keinginan dari berbagai komponen di masyarakat.

“Itu semua harus dipersiapkan dan didiskusikan. Mungkin masalah atau prosesnya akan menjadi lama, lebih baik lama tapi hasilnya akan menjadi baik. Kita protes pemerintah,karena kebijakan yang dikeluarkan instan,maka jangan kita lakukan juga,” katanya bijak.(Tim/AlDP).