Berita

Pasar Sentral Supiori Tidak Terurus

Sorindeweri – Pasar Sentral Supiori direncanakan menjadi pasar megah di kabupaten Supiori oleh Bupati pertama Supiori Jules Warikar. Pasar ini lebih dikenal dengan sebutan ’mall’ Supiori.(21/06/2012).

Pasar memang berbentuk mall, bangunan 2 lantai dengan arsitektur yang megah, di dindingnya bergantung baliho iklan berbagai produk barang mall seperti aneka merek jeans dan tas ternama.

Di bagian belakangnya terdapat pelataran besar untuk berjualan, katanya masih diperuntukan bagi penjual ‘modern’ yang tidak tertampung di dalam mall. Ada areal bermain untuk anak-anak dengan aneka mainan. Di pojok lainnya terdapat bangunan terminal yang megah juga.

Sayangnya tidak lama setelah pasar sentral diresmikan justru menuai masalah dan tidak dapat difungsikan. Bupati Warikar dituduh melakukan korupsi dana APBD tahun 2006-2008 untuk proyek infrastruktur terdiri dari Pasar Sentral Supiori, terminal induk dan rumah eselon senilai 36,58 M dan membuatnya terpidana 3 tahun penjara.

Selain itu ada informasi yang mengatakan bahwa masyarakat tidak menghendaki adanya penjual atau pedagang yang bukan orang Papua untuk menempati mall.

Akibatnya umur pasar sentral hanya beberapa bulan dan kini seperti bangunan tua tak terurus, baliho iklan berbagai produk ikut hancur hanya di salah satu pojoknya masih ada kantor Bank Papua.

Pelataran yang diperuntukan bagi penjual modern, kini menjadi pasar pedagang tradisional.Tempat bermain dan terminal ikut tak terurus.

Anehnya tidak lebih dari 30 meter di sebelah pelataran belakang, pemerintahan kabupaten Supiori yang sekarang membangun pasar Tradisional Sorendeweri. Entah akan mendatangkan penjual dari mana lagi.

“Kami di sini saja sudah sedikit dan tidak ada pembeli,” Kata salah seorang penjual.  “:Nanti pasar itu tidak dipakai lagi, mungkin bupati baru jadi ini proyek baru”.(Tim/AlDP).

  • gimana kabupaten mu maju..klo tdk ada keseimbangan berdadang…….!!!! bupati berhak mendatangan subsidy.sembako……mana mu sejakterakan masyarak ..klo masyarak sendiri bego kaya batu…….maju berfikir ke depan …zma” membangun negri…..

  • mambenarsm

    Pasar Sentral Supiori Tidak Terurus, bukan tidak terurus tp salah siapa…..? itu hrs dgn kajian dong