Pasar Kelurahan Hatib Tidak Difungsikan Sejak Dibangun

Pasar Kelurahan Hatib Tidak Difungsikan Sejak Dibangun

Jayapura – Pasar yang terletak di kelurahan Hatib Distrik Kemtuk Gresik kabupaten Jayapura sejak dibangun sekitar tahun 2003 tidak dipergunakan untuk berjualan oleh masyarakat. Pasar tersebut hanya menjadi bangunan yang mubazir.

Pasar kini dipenuhi rumput sekelilingnya dan tidak terawat. Beberapa los kios kini menjadi tempat tinggal pemilik tanah adat di wilayah kelurahan Hatib.

Warga juga menyesalkan adanya bangunan pasar yang tidak strategis dan tidak sesuai dengan kondisi masyarakat setempat. Sehingga bangunan tersebut ditinggalkan begitu saja tanpa digunakan untuk aktifitas selayaknya pasar.

Masyarakat  memilih berjualan di kampung Sawoi yang mudah dijangkau oleh penjual dan pembeli karena tempat jualan berdekatan dengan jalan besar kampung. Mama Yuli Udam warga kelurahan Hatib mungungkapkan,” kami pilih ke Sawoi karena banyak pembeli disana, kalau disini tidak ada pembeli dan jualan kami tidak laku”, jelasnya. (23/06/2012)

Selain itu Kampung Sawoi menjadi pilihan  penduduknya lebih padat dan ramai serta  menjadi lintasan masyarakat hilir mudik dari kampung dan ke kota. Juga sebagai pusat pemerintahan dan pelayanan public seperti kantor distrik, polsek, koramil dan puskesmas.

Akibatnya warga yang berjualan rela meninggalkan pasar kelurahan Hatib yang  fasilitas tempat berjualannya lebih baik meski di kampung Sawoi hanya beralaskan karung atau plastic di lantai untuk menggelar barang dagangannya.(Tim/AIDP)

  • http://Kuyake Markus

    Saya warga masyarakat distrik kemtuk gresi saya berharap agar pasar itu dapat di pungsikan kembali karna tempat tersebut sngat strategis dan bangun juga terminal di dalam