Pasal Dalam Surat Perintah Penangkapan dan Penahan Areki Beda

FOTE052Wamena-“Kami mempertanyakan dua isi surat yang berbeda yang dikeluarkan oleh Kapolres Jayawijaya terkait kasus yang dituduhkan pada Areki Wanimbo,” Ujar Cory Silpa SH salah satu kuasa hukum dari AlDP yang diminta untuk mendampingi Tersangka terkait kasus Lani Jaya.

Pihak AlDP merasa janggal sebab pada Surat Perintah Penangkapan, Areki Wanimbo dikenakan pasal terkait UU Nomor 12 tahun 1951.

Sedangkan di dalam Surat Perintah Penahanan, Areki dituduh melanggar Pasal Tindak Pidana keimigrasian dan Tindak PIdana Makar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122 huruf a UU Nomor 6 tahun 2011 tentang Imigrasi Jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHPidana dan Pasal 106 KUHPidana dan Pasal 53 dan Pasal 56 KUHPidana

Terkait hal tersebut Kapolres Jayawijaya AKBP Adolf Rudi Beay, S. Ik, S.E menjelaskan bahwa ,”Awalnya memang ada dugaan Areki menyimpan peluru namun dari pemeriksaan mendalam, Areki diduga kuat terlibat dengan kehadiran 2 jurnalis asing,” ujarnya saat berkoordinasi dengan pihak Pengacara di ruang kerjanya.(11/08/2014).

Areki Wanimbo berumur 39 tahun, adalah ketua Dewan Adat dari wilayah Lani Jaya yang sehari-hari bekerja sebagai PNS.

Hingga kini Areki masih mendekam di tahanan Polres Jawijaya untuk menjalani 20(duapuluh) hari penahanan pertama hingga tanggal 26 Agustus 2014.(Tim/AlDP).