Panwaslu Mimika Amankan 3 Kotak Surat Suara Bermasalah

Panwaslu Mimika Amankan 3 Kotak Surat Suara Bermasalah

Timika-“Hampir dipastikan proses Pilkada di dalam kota bermasalah,” Demikian pernyataan Agustinus Roya, ketua Panwaslu Kabupaten Mimika, saat ditemui AlDP Online di ruang kerjanya, sore setelah Pilkada.(10/10/2013).

“Ada yang datang bawa surat undangan tapi namanya tidak sesuai. Ada yang tiba-tiba terjadi perubahan letak TPS, tadi pagi sebelum coblos, terjadi di kelurahan Kwamki”.

Namun dari semua masalah yang dilaporkan hingga malam hari setelah Pilkada dilakukan adalah indikasi kecurangan yang dilakukan oleh ketua KPPS hingga kotak surat suara harus diamankan di kantor Panwaslu yang terletak di jalan Pendidikan,Timika.

“kami mendapat laporan ada indikasi kecurangan yang dilakukan oleh Ketua KPPS yakni melakukan pencoblosan lebih dari sekali. Masyarakat mengamuk, belum ditemukan jalan keluar hingga kami amankan 3 kotak surat suara,” jelasnya sambil menunjuk 3 kotak surat suara yang berada di ruang kerjanya.

Terlihat jelas kotak surat suara dari Kelurahan Kwamki di TPS 41, TPS 61 dan TPS 77. Di dalamnya terdapat semua logistik Pilkada termasuk surat suara yang sudah dicoblos maupun yang belum.

Masyarakat berinisiatif untuk mengamankan kotak suara sedangkan yang diduga melakukan kecurangan langsung diamankan di kantor Polres Mimika.

“Kami sedang mendiskusikan penyelesaian ini dengan baik agar tidak melebar. Pelanggaran tetap ditindak lanjuti,”tegasnya.

Dirinya berharap ada jalan keluar untuk mengakomodir hak demokrasi pemilih yang sempat tertunda.

“Kami akan berkoordinasi untuk mendapatkan solusi yang terbaik, melakukan proses pemilihan ulang dan aman, tidak terjadi kecurangan kembali. Tunggu kondisi ini lebih tenang,” katanya bijak.(Tim/AlDP).