Narapidana Anak di LAPAS Abepura Perlu Diberikan Perhatian

Narapidana Anak di LAPAS Abepura Perlu Diberikan Perhatian

LAPAS Abepura

Jayapura-“Kasihan tahanan dan narapidana anak yang ada di LP Abepura,” demikian komentar Bony Manuputty salah salah seorang staff di LP Abepura, Jayapura.

Manuputty menyampaikan hal tersebut bukan tanpa alasan sebab kini setidaknya ada 6 orang narapidana dibawah umur yang mendekam di LP Abepura. Di Papua sendiri hingga kini belum ada Rutan atau LP Kkhusus anak.

“Bukan hanya LP tapi juga tidak ada lembaga khusus di sini yang mau datang memperhatikan mereka,” lanjutnya lagi sambil menyesalkan tidak adanya perhatian dari pihak luar terhadap narapidana anak.(17/08/2012).

Katanya lagi, “Narapidana anak di LP Abepura memang ditempatkan di satu ruangan khusus tapi hanya itu saja sedangkan untuk yang lainnya tidak ada pemisahan sama sekali dengan tahanan atau narapidana dewasa. Semua aktifitas dan saran saling bercampur baur”. Bony menjelaskan sambil menunjuk ke kumpulan anak yang sedang bermain futsal di dalam halaman LP Abepura.

Sudah berkali-kali Manuputty mencoba untuk menyampaikan hal tersebut kepada pihak yang datang berkunjung ke LP Abepura namun katanya belum ada yang benar-benar serius menindaklanjuti melalui program pembinaan khusus.

“Bagaimana cara membina mereka dan membantu mereka untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik?. Kami harap semua pihak turut memikirkan mereka,” Ujar Manuputty yang sehari-hari dtugaskan untuk membantu pelayanan di Polik LP Abepura (Tim/ALDP)

.