Napol Apot dan Numbungga Akan Dipindah,Biaya Belum Ada

Napol Apot dan Numbungga Akan Dipindah,Biaya Belum Ada

Jayapura-Setelah melakukan perjumpaan dengan kakanwil hukum dan HAM Propinsi Papua siang tadi ada kesepakatan bahwa Apot Lokobal dan Numbungga Telenggen akan dipindahkan ke dari LP Biak,” Ujar Yusman Conoras SH salah seorang tim kuasa Hukum  Apot dan Numbungga(07/01/2014).

Apot dan Numbungga adalah terpidana pada kasus pembobolan gudang senjata Kodim Wamena tahun 2003.

Numbungga terpidana seumur hidup akan dipindahkan ke LP Abe untuk dapat membantu Jafrai, terpidana seumur hidup pada kasus yang sama. Jafrai sebelumnya juga dari LP Biak dan dipindahkan karena mengalami stroke.

“Apot Lokobal terpidana 20 tahun akan dipindahkan dari LP Biak ke LP Wamena sesuai dengan permintaannya sebab dirinya sering sakit-sakitan, supaya lebih dekat dengan keluarga”.

Yusman menjelaskan bahwa Apot Lokobal sudah menderita sakit-sakitan sejak tahun 2010. Sejak itu kondisi kesehatannya menurun drastis.

“Mungkin pikiran, mungkin juga sakit karena sudah tua, tapi sering sekali dibawa ke rumah sakit. Dalam minggu ini dia juga baru cek kesehatan di rumah sakit. Kita berharap kalau di Wamena, ada keluarga yang rutin menjenguk,  ada dukungan secara psikologis”.

Menurut Yusman, AlDP akan bertindak sebagai Penjamin dan pihak kanwil tidak keberatan.

“Sebab kita sudah ke Wamena cari keluarga mereka tapi susah dan tidak ada yang mau, jadi pihak kanwil tidak keberatan kalau AlDP yang menjamin saja, apalagi sudah sejak 2003 kami dampingi mereka”.

Hal yang masih mengganjal adalah persoalan pembiayaan, sebab pihak kanwil tidak memiliki alokasi dana untuk pemindahan, sebagai instansi vertikal maka dukungan dananya sangat terbatas.

“Kita lagi berusaha untuk mendapatkan dukungan dana tersebut, lebih cepat di dapat, lebih cepat proses pemindahannya,” katanya.(Tim/AlDP).