Berita

Musrembang Kampung Hanya Cerita di Gunung Merah

Jayapura–Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kampung  yang dilaksanakan setiap tahun selama ini selalu tidak sesuai dengan harapan orang di kampung.

Musrembang hanya cerita saja, kalau sudah sampai di Gunung Merah (kantor Bupati Jayapura) tidak pernah terealisasi. Hal tersebut diungkapkan mantan kepala Kampung Yansu Isay Samon di kediamanya di kampung Yansun Distrik Kemtuk Gersi Kabupaten Jayapura.

Selama ini masyarakat kampung Yansu meminta kepada pemerintah melalui musrembang untuk membangun jalan tetapi sampai hari ini kondisi jalan masih tetap sama seperti dahulu kala.

Jalan yang menuju kampung Yansun, Kampung Jagrang dan kampung Yansip kondisinya sangat memperihatinkan. Jalan penuh tanjakan, tidak rata, berlubang serta di sepanjang jalan dipenuhi dengan rumput yang tinggi.

“Kondisi jalan menuju kampung sangat menyusahkan masyarakat bila akan bepergian. Lebih kasian bila ada orang sakit kami harus pergi ke puskesmas yang letaknya di Kampung Sawoi dengan kondisi jalan rusak parah serta menurun, apa lagi kalau hujan”, terangnya kepada AIDP Online saat ditemui di rumahnya.(23/06/2012).

Masyarakat terus mengeluh karena tidak ada kendaraan yang bisa masuk untuk melayani masyarakat di kampung. “Masyarakat tidak dapat memperbaiki taraf ekonomi dengan baik, karena hasil kebun saja tidak dapat dipasarkan,” tegasnya

Saat  AIDP Online melintasi jalan tersebut, ada beberapa warga yang memilih jalan kaki menuju kampung Yansip yang agak berputar jauh. Alasanya mereka takut jatuh kalau naik ojek karena kondisi jalan yang rusak parah dan menanjak. “ Kami pilih jalan kaki saja, takut jatuh jalan su rusak parah”, ungkap mereka.

Isay Samon berharap ada perhatian pemerintah untuk membangun jalan dengan baik. Apabila jalan dibangun pasti masyarakat akan senang karena bisa melakukan aktifitas dengan cepat.

Masyarakatpun dapat menjual hasil kebunnya ke pasar dengan ongkos transportasi yang lebih murah,”Kami butuh jalan yang baik sehingga ada transportasi yang masuk ke kampung melayani masyarakat’, harapnya.(Tim/AIDP)

  • Kami berharap agar pemerinta harus turunkan progran{ PU }untuk setiap tahun nya seperti jalan raya jalan gang gorong gorong jembatan air bersi agar pembangunan di kampung bisa nampak dan masyarakat bisa sejahtra trimakasih