MRP Sepakat Mendorong Dialog Bersama JDP

Pertemuan MRP dan JDP

Jayapura-“Dialog adalah cara bukan tujuan, bukan solusi tapi alat untuk menyelesaikan masalah tanpa kekerasan,” demikian pernyataan Dr.Neles Tebay,Pr, coordinator Jaringan Damai Papua(JDP) saat jumpa bersama MRP di kantor MRP Jayapura.(14/09/2012).

Hari itu JDP sengaja mendatangi MRP untuk mendiskusikan Dialog Jakarta Papua,khususnya peran yang bisa dilakukan oleh MRP.

Lebih jauh JDP berharap MRP melalui pokja masing-masing turut berperan untuk menjaring pendapat mengenai dialog. “kami juga sudah buat melalui unsure perempuan,agama dan adat tapi MRP sebagai lembaga cultural diharapkan dapat melakukan hal itu,” jelas Neles.

Katanya lagi,”Kami berharap MRP dapat mendorong dialog sebagai keputusan cultural. Perang adalah jalan terakhir. Kalo dialog menjdai tradisi perdamaian maka MRP diharapkan dorong dialog”.

Menanggapi harapan dari Neles Tebay, Pdt Herman Saud, salah seorang angota MRP memiliki pikiran yang sama.

“MRP harus serius karena kita mewakili orange sli Papua.Orang mati terus,menangis terus,orang masuk penjara.Kita bicara gubernur, pemekaran tapi tidak membuat masyarakat sejahtera,” katanya menyetujui gagasan Neles Tebay.

Diakhir pertemuan tersebut, anggota MRP sepakat akan membahas dialog Jakarta Papua dan membuat agenda khusus bagi MRP khususnya disetiap pojka untuk mendorong terselenggaranya dialog Jakarta Papua.(Tim/AlDP).