Minuman Keras Penyebab Konflik Utama di Arso

20170622_110540Arso – Penyebab utama konflik di Keerom khususnya Arso Kota adalah Minuman keras (miras). Miras menyebabkan kasus yang kecil dapat menjadi besar, demikian dikatakan oleh Kapolsek Arso Kota, Iptu. Handry M. Bawiling, S.Sos saat diskusi Pencegahan Konflik Horizontal di kabupaten Keerom yang merupakan agenda kerja AlDP,pekan lalu di kantor distrik Arso Kota.

“Untuk mengatasi masalah miras, kami sudah terapkan patroli malam hari. Ada kebijakan untuk melakukan teguran kepada yang mabuk. Rencana akan dilakukan patroli besar-besaran untuk melakukan penindakan,” jelas Bawiling Kapolsek Arso Kota yang baru menempati tugasnya selama 3 bulan.

Meski demikian, katanya juga bahwa selain miras ada juga kasus-kasus criminal lainnya.seperti kasus pencurian ternak sapid an anjing. Selain itu kasus pembunuhan yang masih harus diselidiki lebih lanjut penyebab atau motifnya.

Maria Borotian, mengatakan bahwa miras sudah sulit untuk diatasi, meski sudah diingatkan ditegur berkali-kali, pembuat dan eminumnya.

“Jadi sebagai peringatan kedua tembak kaki saja, tidak mau dengar maka tembak kaki,” katanya berulang kali.

“Kalau tidak orang Arso akan bunuh orang Jawa yang Ojek. Orang saling bermusuhan. Baku bunuh karena miras,” tegasnya.

Tambahnya,” Orang mabuk bisa pukul orang, mati ditempat.Semua karena kepala suku juga ikut minum. Aturan lain sudah dibicarakan tapi tidak bisa dilaksanakan”.

Dirinya meminta agar bupati (Keerom) membuka ruang untuk berdialog dengan warga Keerom serta pihak Polsek Arso Kota agar tegas menindak pelaku criminal di Keerom.(AlDP/Tim).