Minta Penasehat Hukum Isak Kalaibin dkk Dibebaskan

Minta Penasehat Hukum Isak Kalaibin dkk Dibebaskan

Sorong-Sidang perkara makar atas nama Isak Kalaibin dkk kembali digelar dengan agenda acara pembacaan Nota Pembelaan atau Pledoi dari penasehat Hukum.

Nota Pembelaan setebal 21 halaman untuk masing-masingTerdakwa, dibacakan silih berganti oleh Ida Klasin SH dan Anum Siregar SH bertindak sebagai penasehat Hukum mereka.

Dalam Nota pembelaan, Tim Penasehat Hukum menyatakan pertemuan pada malam tanggal 30 April di rumah Isak Kalaibin adalah ibadah dan mempersiapkan pesta mama.

“Pesta mama adalah pesta damai.” Demikian jelas Ida Klasin SH.(18/11/2013).

Ida juga menguraikan keterangan para saksi, terutama saksi dari polisi yang pada intinya menerangkan bahwa tidak melihat ada aktifitas menaikkan bendera atau menyiapkan perang dan juga tidak melihat para terdakwa.

Pada analisa yuridis, Penasehat hukum juga menyatakan bahwa tidak terdapat bukti yang menunjukkan ada ‘penyerangan atau aanslag’ yang menyebabkan wilayah Aimas telah jatuh ketangan musuh baik sebagian atau seluruhnya.

“Hingga saat ini Aimas masih menjadi bagian dari wilayah NKRI,” tegasnya.

“Untuk itu kami menyatakan bahwa tuntutan Jaksa Penuntut umum tidak terbukti secara sah dan menyakinkan, ‘ sambung Anum Siregar, ”Olehnya itu kami memohon kepada majelis hakim untuk membebaskan terdakwa”.

Usai Nota pembelaan dibaca,       ketua majelis hakim memberikan kesempatan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menyampaikan jawaban(replik).

“Kami tetap pada tuntutan,” jawab JPU

“Kami tetap pada pembelaan,” tegas Anum Siregar

Maka Majelis hakim menunda persidangan hingga tanggal 3 desember 2013 dengan agenda Pembacaan Putusan.(Tim/AlDP)