Matan Siap untuk Disidang

Matan Siap untuk Disidang

Jayapura – Matan Klembiap, salah satu tersangka kasus Depapre, kepemilikan senjata tajam, 16 Februari 2013, dikenakan Pasal 2 ayat (1) UU Darurat RI. No 12 tahun 1951.

“Berkas Matan sudah dilimpahkan ke Kejakasaan, Matan juga sudah dipindahkan atau dititipkan di Rutan Abepura/LP Abepura,” ujar Cory Silpa, SH, Kuasa Hukum Matan dari Aliansi Demokrasi untuk Papua, Selasa (23/04/2013).

Menurut Cory, ia sudah mengecek di Kejaksaan Negeri untuk koordinasi dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang akan menangani perkara Matan, namun JPU yang bersangkutan sedang cuti.

“Tadi kami diskusi sama Matan untuk persiapan proses persidangannya. Kita berharap semuanya dapat berjalan lancar. Baik Matan maupun keluarganya juga sudah diberitahukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, informasi perkembangan Matan telah disampaikan kepada keluarga. Sebab keluarga dalam memperoleh informasi dari berbagai pihak, kadang justru membingungkan dan membuat mereka khawatir.

“Kita harus jelaskan setiap proses agar keluarga juga menjadi lebih tenang,” ucapnya.

Matan adalah salah satu korban kekerasan aparat Kepolisian Sektor Depapre. Ia ditangkap karena memiliki senjata tajam. (Tim/AlDP)