Masyarakat Kampung Teladan Sepakat Menjaga Keamanan Bersama

Jayapura-“Sebagai sesama umat beragama dan masyarakat adat kita hendaknya menjaga hubungan persaudaraan yang sudah berlangsung baik antara masyarakat pegunungan dan Sentani,”Ujar Yulius Miagoni SH Sekretaris Komisi A DPRP,bersamanya, Ignatius Nimim SIP dan Yance Kayame SH. Mereka bertemu dengan masyarakat jemaat gereja Diaspora di Kampung Teladan, Ifar Sentani, Jayapura.(23/05/2012).

Lebih jauh Yulius menjelaskan bahwa akhir bulan lalu Komisi A DPRP bertemu dengan para tokoh adat dan ondoafi/ondofolo di Sentani untuk mengklarifikasi beberapa isu terkait adanya kegelisahan dari masyarakat Sentani yang merasa tidak dihargai diatas tanahnya sendiri oleh masyarakat yang datang dari daerah pengunungan terkait beberapa peristiwa belakangan ini.

Komisi A DPRP juga telah menerima surat dari Ondoafi di daerah Doyo yang menyampaikan kegelisahan yang sama.” Sehingga kalau ada masalah tolong lakukan pendekatan secara terhormat dan bermartabat,jangan ada saling menyerang atau aksi bakar membakar.Jika ada masalah datang dan saling bicara dengan ondoafi dan tokoh masyarakat lainnya,”terang Yulius.

Yance Kayame  kemudian menambahkan,”Kita berterima kasih buat orang Sentani karena kita masih diberikan kesempatan untuk hidup di tanah mereka dan ada juga orang Sentani yang merantau dan hidup di tempat kita,semua harus saling menjaga dan menghomati,orang gunung maupun orang pantai”.Selanjutnya DPRP berharap agar masyarakat kampung Teladan yang ramah dan tenang tetap menjaga hubungan yang baik dengan sekeliling lingkungannya.

Pimpinan pemuda dan jemaat di kampung Teladan pun menyatakan akan menyampaikan pesan ini di setiap kesempatan agar semua pihak terhindar dari aksi yang saling merugikan.Juga akan tetap menjaga umatnya agar situasi di kampung Teladan tetap aman dan mereka dapat mengantisipasi situasi politik yang menghangat ke depan.

Pada kesempatan itu,Komisi A DPRP menyerahkan bantuan material untuk pembangunan gereja Diaspora berupa semen dan batu bata. Dengan harapan bantuan tersebut setidaknya dapat mengurangi beban pembangunan gereja yang sedang berjalan.(Tim/AlDP)