Berita

Masyarakat Grimi Nawa Menyambut Baik Daerah Otonomi Baru

Besum-Tidak jelasnya proses pemekaran kabupaten Grime Nawa yang sudah diperjuangkan sejak tahun 2001 menyebabkan masyarakat Grime Nawa menggagas musyawarah agar dapat menyatukan kembali harapan mereka. Pada pertemuan tersebut sempat terjadi perdebatan yang rumit dan saling menyalahkan.”Mungkin antara DPRD dan diantara masyarakat sendiri masih ada hal-hal yang dipendam dan kini baru disampaikan.Tapi diakhir perdebatan ini ada kata sepakat untuk menyambut daerah Otonomi  Baru,masyarakat  juga siap menyambut kehadiran Komisi II DPR RI,”  Ucap Wakil Ketua 1 DPRD Kab.Jayapura Corneles Yanuaring (20/04/2012).

Musyawarah bersama masyarakaat  Grime Nawa ini difasilitasi langsung oleh DPRD Kabupaten.Jayapura yang tujuanya untuk bertemu langsung dengan masyarakat Grime Nawa juga melibatkan kepala-kepala distrik diantaranya kepala Distrik Nimboran, Kepala Distrik  Namblong dan mantan Wakil Bupati Kabupaten.Jayapura Zadrak Wamebu.

Katanya lagi,” Kami DPRD Kab.Jayapura dalam menjalankan fungsi pengawasan,kami  berharap pemekaran Grime Nawa harus dituntaskan dalam tahun ini, dimana dari 33 rancangan Daerah Otonomi Baru yang ada di Komisi II DPR RI itu dibagi menjadi dua gerbong. Gerbong pertama  membahas 20 wilayah sedangkan gerbong yang kedua yang  sisa 13 itu didalamnya ada Grime Nawa.”. harapannya Grime Nawa juga menjadi perhatian dari pemerintah Pusat terutama Dirjen Otonomi Daerah, Komisi II DPR RI maupun badan legislasi DPR RI untuk secepatnya dimekarkan dalam rangka percepatan pembagunan di Papua dan juga dalam rangka rentang kendali pelayanan pemerintah terhadap masyarakat karena hal tersebut sangat penting bagi provinsi.

Menurutnya sejalan dengan tupoksi DPRD dan Pemda Kab.Jayapura, sudah memperbaharui berkas melalui keputusan DPRD pada tahun 2010, setelah menerima surat dari komisi II DPRRI dan berkasnya sudah rampung melalui Sidang Paripurna DPRD. Sudah diputuskan serta ditindak lajuti oleh bupati Jayapura, DPR Papua dan Gubernur Provinsi Papua dalam Ddkumen yang lengkap dan disampaikan ke Komisi II DPRRI.(03/AlDP)