Mahfudz Shiddiq : Harus Meluaskan Pandangan dan Visi Tentang Papua

Mahfudz Shiddiq : Harus Meluaskan Pandangan dan Visi Tentang Papua

Jakarta-“Buku ini penting untuk membangun kesadaran kolektif di Papua,” Ujar Drs. Mahfudz Shiddiq,M.Si ketua Komisi I DPR RI saat bertindak sebagai salah satu narasumber pada acara Peluncuran dan Bedah Buku “Menuju Papua Tanah Damai : Perspektif Non Papua” terbitan AlDP.(05/09/2013).

” Jika ini tidak diangkat dan dipahami bersama maka akan menjadi masalah baru”.

Mahfudz juga berpendapat terminologi mengenai ‘perspektif non Papua’ akan mengantar kita semua untuk menilai sejauhmana komunitas non Papua terlibat dan berkontribusi pada proses perdamaian di Papua.

“Segregasi elemen-elemen sosial terutama antara Papua dan non Papua harus dihindari karena akan menimbulkan ledakan. Tidak boleh terjadi”.

Menurutnya setiap orang harus meluaskan pandangan dan visinya ketika memahami Papua.

Dr. Muridan, sebagai narasumber kedua mengatakan bahwa buku tersebut dalam rangka membangun konstituen yang lebih luas terutama untuk membangun dan mendukung gagasan penyelesaian masalah melalui pendekatan dialog di Papua.

“Gagasan ini di Papua, berkembang jauh lebih maju dari pada perkembangan di Jakarta, Jakarta masih dikuasai oleh pemikiran-pemikiran yang konservatif,” tegasnya.

Selain ketua Komisi I DPR RI dan Dr.Muridan Satrio Widjojo, narasumber lainnya adalah Anum Siregar. Kegiatan dilakukan di Harris Hotel Jakarta, dihadiri sekitar 100 orang dari berbagai institusi, termasuk perwakilan kedutaan, jurnalis dan aktifis hak asasi manusia. Kegiatan diselenggarakan atas kerjasama AlDP, JDP, LIPI dan Komisi I DPR RI.(Tim/AlDP).