|

LP Narkoba Tampil Beda

Jayapura – Endang Lintang Hardiman SH MH, Kalapas Klas II A Narkoba – Jayapura dapat dikatakan sebagai salah satu kalapas terbaik di jajaran KUPT Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Papua.

Banyak karyanya tiap kali menjabat sebagai KUPT atau Kalapas, seperti ketika di Wamena. Koordinasi dan kerjasama antara pihak LP dan Pemkab setempat berjalan cukup baik. Kini di LP Narkoba, Kalapas Endang berharap pemerintah daerah khususnya kabupaten Jayapura dapat membangun kerjasama juga dengan pihak LP.

Saat memasuki ruangan LP Narkoba, kesannya berbeda, ada suasana yang lebih cerah dengan bunga-bunga yang dirangkai di atas kayu ukiran, ada lukisan, foto-foto dan kursi-kursi yang didesign menarik.

“Penghuni harus dibuat betah tapi juga sibuk setiap hari supaya kalau malam capek dan tinggal istirahat. Soalnya bahaya kalau penghuni tidak memiliki kesibukan, ini semua hasil karya mereka,” jelasnya, Selasa (15/01/2013).

Penghuni LP Narkoba makin aktif terlibat pada berbagai kegiatan di tingkat kabupaten Jayapura, perayaan HUT RI, jalan santai, qasidah, menari hingga tarian tradisional Yosim pancar. “Kami dapat juara 1 saat Festival Danau Sentani (FDS) tahun 2012,” katanya bangga.

Di halaman tengah antara kantor dan pembatas blok, ada taman yang dilengkapi dengan pondok-pondok,”Penghuni menerima pembezuknya di situ,” ujarnya. Taman-taman itu terawat rapi dengan tenda dan kursi serta yang semuanya dilukis dengan gambar-gambar, ada kolam kecil mengelilingi pondok.

Di halaman dalam blok, ada 2 pondok yang disiapkan untuk latihan pramuka serta ada ruang terbuka dengan air mancur dan kursi-kursi besi yang mengelilinginya.

“Itu taman bacaan, supaya penghuni membaca sambil menikmati air mancur,” katanya lagi. Selain itu, LP Narkoba memiliki satu halaman basket dan Volly.

“Yang paling diminati penghuni main futsal, kami juga bawa mereka keliling pertandingan ke mana-mana,sayangnya lapangan futsal masih sangat sederhana, belum ada dana. Kalau mereka pergi main keluar,kadang petugas-petugas kumpul duit untuk tambah-tambah,” katanya.

Kalapas Endang berharap, penghuni LP narkoba dapat betah menjalani hukuman dan meminimalisir angka keributan atau masalah lainnya di LP.

“Alhamdulillah, selama saya di sini,semuanya aman, tidak ada pelarian, semua berkat kerjasama petugas untuk bekerja maksimal,” katanya merendah. (Tim/AlDP)

 

Posted by on Jan 15 2013. Filed under Fokus, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply