Berita

LP Manokwari Over Kapasitas

LP Klas IIB Manokwari, Papua Barat

Manokwari – Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Manokwari, Papua Barat, over kapasitas. Dari jumlah seharusnya 80 – 100 orang, melonjak menjadi 127 penghuni.

“Iya melebihi, ya mau bangun lagi, tidak bisa, karena sudah mentok, pinggir lapas ini semua rumah penduduk,” kata Willem Kmur, Kepala Pengamanan LP Manokwari, Kamis.

LP Manokwari memiliki 81 napi dan 46 tahanan. Napi wanita sebanyak 2 orang, sementara pria 79. Sedangkan, tahanan wanita; 3 orang dan tahanan pria, 43 orang. Ada juga seorang tahanan anak berusia 13 tahun yang dipenjara karena kasus pencurian.

Pengamanan Lapas dilakukan secara bergilir. Tiap grup berjaga dari pagi sampai siang dan dilanjutkan oleh grup lainnya. “Tiap grup empat sampai lima orang, jumlah petugas kita ada sekitar dua puluh orang,” ujarnya.

Lapas Manokwari terletak di tengah pemukiman padat di Kampung Ambon, Distrik Manokwari Barat, Manokwari. Lapas ini mempunyai 18 kamar seluas kurang lebih 3×2 meter. Satu ruang penjara itu dihuni oleh 8 hingga 10 orang. “Jadi ada yang tidur dibawah, ada juga diatas, sekarang full tiap kamar,” kata Kmur.

Menurut dia, idealnya, sebuah LP beruangan luas, terdapat ruang khusus hiburan termasuk ruang latihan dan keolahragaan. “Aktivitas napi adalah mereka mengikuti pembinaan rohani, ini jalan lancar, ada juga ikut pelatihan. Tapi untuk lebih jelas, bisa ditanyakan kepada Kalapas, saya hanya memberi keterangan seadanya,” pungkasnya. (tim/Manokwari)