Berita

Lili Wahid : Pemerintah Segera Menggelar Dialog

Lili wahid dan Meutia Hafid dari Komisi I DPR-RI

Jayapura-Lili Wahid adik KH Abdurachman Wahid, anggota Komisi I DPR RI mengatakan penyelesaian masalah di Papua harus dilakukan melalui dialog, disampaikan pada saat acara Papua Lawyer Club di hotel Aston.(09/06/2012).

Lili Wahid setuju perlunya membangun komunikasi diantara Jakarta dan rakyat Papua.  Katanya,” banyak kondisi di Papua yang tidak tertangkap dengan baik oleh pusat. Saya khawatir ada pihak-pihak tertentu yang bermain untuk kepentingan tertentu”. Katanya, ada orang yang datang dan ingin mempraktekan kejahatan di Papua saat polisi dan TNI tidak satu.

Lili Wahid mencontohkan kejadian kekerasan yang dilakukan di Aceh. ”Banyak tentara disersi,di bayar untuk melakukan kekacauan dan bisa mereka juga membuat kekacauan disini. Tapi tidak dapat ditanyakan kepada TNI karena mereka disersi,” Ujarnya saat dicecar pertanyaan oleh Anthon Raharusun, host PLC. Lili menyadari ada situasi yang mencekam selama kunjungan mereka di Jayapura.

Sekembalinya Komisi I DPR RI dari Jayapaura, telah sepakat untuk menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait membahas dan mencari solusi terkait keamanan di Papua. Selain itu merekomendasikan segera mungkin menggelar dialog.” Kalau pemerintah tidak mau dengar, kamia akan gunakan hak interpelasi!” tegasnya.

Sarannya, semua pihak harus memperbaiki hubungan pribadi dan institusi agar tidak ada peluang bagi pihak lain untuk bermain di Papua. Contohlah apa yang dilakukan oleh Gus Dur, katanya,”Bukan saja kata-kata tapi tindakan”.(Tim/AlDP).