Lapas Wamena Sosialisasikan Berbagai Aturan

Lapas Wamena Sosialisasikan Berbagai Aturan

Wamena-“Mereka (tahanan dan narapidana) di lapas ini hanya sementara saja, hanya karena menjalani proses hukum dan hukuman atas perbuatan mereka, “begitu kata Daniel Rumsowek, SH.MH selaku kalapas Wamena mengawali pembicaraanya pekan lalu.

Dalam masa kepemimpinannya Rumsowek lebih mengutamakan pendekatan kekeluargaan, dengan tujuan lebih mendekatkan para penghuni lapas (tahanan dan narapidana) dengan pegawai lapas. Harapannya agar koordinasi dapat dilakukan dengan lebih baik sehingga suasana damai dapat tercipta.

Katanya lagi, “Selama ini orang menilai lapas sebagai tempat yang menyeramkan, identik dengan kekerasan dan kekejaman. Berangkat dari penilaian itu maka kami   bertekad memperbaiki dan memberi wajah baru dengan perubahan yang lebih berarti, buat pihak lapas Wamena yakni untuk para pegawai lapas, tahanan dan narapidana”.

Menurut kalapas,  pihak Lapas berupaya keras  memperbaiki manajemen untuk kepentingan pegawai lapas dan penghuni lapas (tahanan dan narapidana), antara lain dengan cara mensosialisasikan aturan-aturan.

“Kalau orang sudah tahu dan paham aturan maka secara otomatis bekerja sesuai aturan yang berlaku, tidak perlu diingatkan terus,” dengan tegas diucapkan Rumsowek, SH, MH.

Lanjutnya, “Saat ini Lapas Wamena membuka diri bagi siapa saja dan dari pihak mana saja untuk bekerja sama untuk memberikan pembinaan bagi para penghuni lapas. Tujuannya agar para penghuni Lapas memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan, bisa bermanfaat bagi dirinya saat keluar atau bebas”.(Tim/AlDP).