LAPAS Wamena Memiliki Fasilitas Terbatas
Kampung Tablasupa

LAPAS Wamena Memiliki Fasilitas Terbatas

LAPAS WAMENA

Wamena-Sepintas dari depan dilihat, Lembaga Pemasyarakatan(LP) Klas II B Wamena terlihat cukup baik apalagi ada bangunan administrasinya berlantai dua.

Bangunan itu digunakan tahun 2008 untuk admininistrasi. Ruang kalapas di bagian atas namun sehari hari Kalapas menggunakan ruang bawah.

“Terlalu jauh dan saya perlu mobilisasi dalam bekerja sehingga saya memilih di ruang bagian pembinaan, ”Ujar Drs.BergmanTambun yang baru setahun lebih bertugas sebagai kalapas.(8/08/2012).

Selebihnya La Wamena  memiliki fasilitas yang sangat terbatas bahkan nyaris tidak memiliki sarana penunjang sesuai kebutuhan guna membantu aktifitas penghuninya.

Seperti untuk bengkel kerja dan sarana olahraga. Kini aktifitas bengkel kerja untuk sementara dihentikan karena masih membutuhkan tenaga pendamping.

Mobil misalnya, LAPAS  hanya memiliki 1 mobil tahanan yang diberikan sejak tahun 1990 dan hingga kini belum diganti. Mobil tahanan itupun disulap menjadi mobil dengan bak terbuka untuk mengangkut air.

Selain mobil tahanan ada satu mobil jenis kuda yang dipinjamkan oleh Pemda sejak tahun 2010, mobil itupun sudah terbilang lama.

Pihak LAPAS  pernah bekerjasama dengan pihak Ketiga untuk menyelenggarakan program pemberantasan buta huruf dan penghuninya mengikuti dengan serius. Pengajarnya berasal dari staff dan penghuni LAPAS sendiri.

LAPAS kemudian melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya untuk ujian persamaan, ada 3 yang ikut untuk paket A, 3 penghuni paket B dan 3 penghuni paket C.

Kalapas sangat bangga karena dari yang tidak tahu membaca dan menulis kini peserta tersebut sudah bisa membaca dan menulis.(Tim/AlDP).