LAPAS Wamena Berharap Aliran PDAM

LAPAS Wamena Berharap Aliran PDAM

LAPAS Wamena

Wamena-“Andalan utama kami adalah air hujan untuk memenuhi kebutuhan di LP,” demikian penjelasan kalapas Wamena, Drs.Bergman Tambun saat ditemui di ruang kerjanya di Lapas Wamena.(08/08/2012).

Menurutnya air hujan menjadi andalan utama untuk memasak dan air minum sedangkan untuk cuci menggunakan sumur.” Kalau hujan tidak ada,kami mengambil air dari kali Pikey”.

Kali Pikey merupakan salah satu produsen air bersih untuk Wamena. Jarak dari LP ke kali Pikey tidak terlalu jauh hanya sekitar 6 KM. Pihak LP mengambil air dengan menggunakan drum.

Mobil yang digunakan untuk mengangkut drum adalah mobil tahanan yang diberikan sejak tahun 1990, kini untuk kebutuhan angkut air minum, mobilpun didesign menjadi mobil dengan bak terbuka.”Tidak ada pilihan”.

“Di sini ada 4 drum, kami mengisi tidak setiap hari, air yang diambil kami bayar Rp.10 ribu/drum,ini untuk masak dan minum”.

LP tidak memiliki dana khusus untuk membangun aliran pipa air hingga ke LP. “Kita ada dana untuk bayar PDAM tapi kalau menyediakan fasilitas bukan itu peruntukannya, jadi kami berharap pemda bisa membantu”.

Kini sudah ada pipa air minum yang dipasang di depan LP.Pipa tersebut bantuan pemda Jayawijaya untuk mengalirkan air kepada instansi prioritas yang membutuhkan air seperti LP dan rumah sakit.

Pihak LP berharap pipa air segera dapat berfungsi untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih di LP Wamena.(Tim/AlDP)