Lapas Sorong Segera Merespon Pemindahan Jimmy Kapanai dkk

Lapas Sorong Segera Merespon Pemindahan Jimmy Kapanai dkk

Jayapura-Seminggu setelah surat permohonan pemindahan Jimmy Kapanai dkk diajukan oleh Penasehat Hukumnya yakni Anum Siregar SH, Pihak Lapas Sorong langsung menghubungi Anum Siregar.

“Saya diminta untuk ke Lapas Sorong melakukan koordinasi. Ada sejumlah surat yang harus disiapkan dan diteruskan ke kementrian hukum dan HAM di Jakarta, kanwil hukum dan HAM Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua juga Lapas Serui,” jelas Anum Siregar.

Anum sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan kanwil hukum dan HAM provinsi Papua, namun karena kanwil hukum dan HAM provinsi Papua sifatnya lebih pada pemberitahuan dan kesiapan, maka proses panjang yang harus dijalani justru di Papua Barat.

“kalau terkait biaya pemindahan, jelas pihak kementrian akan menjawab tidak ada, sehingga saya sudah lebih dulu sampaikan ke klien agar mereka siap untuk itu,” katanya.(25/11/2014).

Menurutnya, dirinya sudah berkomunikasi dengan Kasi Binadik Lapas Sorong, Ibu Kambu mengenai proses tehnisnya.

Lanjutnya, “Beliau menyatakan surat-surat sementara sudah disiapkan, saya diminta datang untuk koordinasi. Beliau juga memberikan gambaran bahwa yang akan ikut mendampingi ada 2 petugas Lapas dan 2 dari kepolisian”.

“Koordinasi ini cukup baik, kami banyak juga dibantu dengan Kadiv Pas Papua untuk menjembatani komunikasi dengan kadiv Pas Papua Barat.Semoga prosesnya lebih cepatlah,” harapnya.

Jimmy Kapanai dkk dipidana dengan pasal makar(106 KUHP),Pemberontakan(Pasal 108 KUHP) dan Kepemilikan Senjata tanpa ijin(UU Darurat No 12/1951).(Tim/AlDP).