LAPAS Abepura Tidak Menyelenggarakan Upacara Pemberian Remisi
Dialog Jakarta Papua

LAPAS Abepura Tidak Menyelenggarakan Upacara Pemberian Remisi

LAPAS ABEPURA

Jayapura-Ada yang aneh pada perayaan 17 Agustus 2012 di LAPAS Abepura Jayapura. Biasanya setiap tahun ada upacara khusus untuk pemberian remisi yang dihadiri oleh gubernur Provinsi Papua.

Kali ini upacara dipusatkan di LAPAS Narkoba Doyo Baru kabupaten Jayapura, ada 2 narapidana yang dibawa dari LAPAS Abepura untuk menerima remisi secara simbolis, mereka bebas pada 17 Agustus 2012 ini.

Seorang staff LAPAS menjelaskan bahwa sebelumnya pihak LAPAS Abepura sudah mengajukan permohonan kepada gubernur untuk hadir pada upacara di LP Abepura  tapi kemudian pihak LP Abepura mengirim surat pembatalan.

“Saya sempat dihubungi oleh staff gubernur tapi kemudian dibatalkan. Dalam sejarah baru kali ini tidak ada upacara di LAPAS Abepura,” tegasnya lagi yang sudah bekerja sekitar 20 tahun di LP Abepura.(17/08/2012).

Tidak dilakukannya upacara penyerahan remisi di LP Abepura mendapat sorotan dari beberapa petugas lainnya yang terlihat membahas hal tersebut di ruang penjagaan pintu utama.

Apalagi kemudian upacara yang dipusatkan di LAPAS Narkoba dipimpin oleh Bupati dan bukan gubernur.

“Jadi di LAPAS  Narkoba itu bukan upacara provinsi, sebab yang namanya remisi itu diserahkan dari menteri kepada kanwil dan disaksikan oleh gubernur, kanwil  meneruskan kepada LAPAS masing-masing sehingga setiap LAPAS harus ada upacara khusus”.

Pemberian remisi bagi narapidana LP Abepura akhirnya dibacakan setelah perwakilan staff LP Abepura pulang mengikuti upacara di LP Narkoba. Para narapidana dikumpulkan di aula dan nama mereka dibacakan satu persatu.

Sementara itu sebagian pengunjung membezuk keluarganya dengan alasan bukan hari kunjungan bagi tahanan tapi sebagian yang lain dibolehkan masuk “’karena ini 17 agustus jadi boleh masuk,” Ujar petugas yang lain.(Tim/ALDP)