Berita

Kwamki Lama Tidak Diperhatikan Pemerintah Mimika

Mimika – Konflik yang sering terjadi hampir tiap tahunnya menjadikan wilayah Distrik Kwamki Narama atau lebih akrab disebut Kwamki Lama menjadi wilayah yang dicap daerah merah. Buntut dari konflik tersebut banyak perumahan warga dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan seperti sekolah dan puskesmas.
Masih terlihat sisa bangunan SMA YPPGI dan perumahan warga yang bekas dibakar dan belum dibangun kembali. Bangunan bekas SMA milik Yayasan YPPGI yang terletak di perkampungan dibiarkan begitu saja. Beberapa bangunan lainnya yang masih ada di penuhi dengan tumbuhan liar yang sudah meninggi.
Beberapa perumahan warga yang bekas terbakar juga masih dibiarkan dan tidak diperbaiki lagi. Menurut informasi dari warga setempat bahwa masyarakat yang memiliki bangunan dan terbakar akibat konflik antar suku tidak membangun kembali rumahnya sebab tidak ada biaya.
Nampak juga disepanjang jalan menuju kwamki Lama dan jalan-jalan di dalam perkampungan Kwamki Lama sudah rusak parah. Kondisi ini sangat disayangkan oleh beberapa warga yang melintas.
Kepala Kampung Landun Mekar distrik Kwamki Lama Yamko Kulla menjelaskan bahwa pemerintah enggan membangun Kwamki Lama karena pemerintah sudah menstigma daerah Kwamki Lama adalah daerah merah.
“Sudah lebih dari setahun kami Distrik Kwamki Narama atau Kwamki Lama tidak punya kepala Distrik,” terang kepala Kampung saat ditemui di rumahnya. Menurutnya bahwa penempatan kepala distrik bernuansa politik dan diskriminasi dalam pembangunan. “Ditempat lain saja cepat tunjuk kepala distrik untuk layani masyarakat kenapa di Kwamki Lama sampai detik ini belum ada”, lanjutnya.(15/04/2012).
Buntut dari tidak ada perhatian pembangunan di Kwamki Lama beberapa Kepala kampung di Distrik Kwamki Lama berencana mengajukan pernyataan kepada Bupati Mimika. Dalam pernyataan, meminta pemerintah kabupaten untuk mempercepat penempatan dan pelantikan kepala Distik di Kwamki Lama sehingga pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik.(Tim/AIDP).