Kuasa Hukum Koordinasi Kepulangan Kimanus Wenda Ke Nabire

Jayapura- Kuasa hukum Kimanus Wenda terpidana 20 tahun kasus pembobolan gudang senjata Kodim Wamena tahun 2003 serta Koordinator BUK Peneas Lokbere mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Jayapura (11/05/2012).

“Maksud kedatangan kami terkait dengan rencana pemulangan atau pengembalian Kimanus Wenda terpidana kasus pembobolan gudang senjata Wamena 2003 di Lapas Nabire,”demikian disampaikan salah satu kuasa hukumnya Corry silpa,SH saat dikonfirmasi oleh ALDP online.

Ditambahkan oleh Corry bahwa selain membicarakan rencana kepulangan Kimanus Wenda mereka juga membicarakan langkah –langkah medis yang perlu dilakukan  terkait dengan kondisi kesehatan salah satu narapidana  politik lainnnya yang baru tiba minggu lalu dari LP Biak  yakni Jafrai Murib.“Jafrai saat ini mengalami kondisi kesehatan yang sangat memprihatinkan, dia pu badan mati sebelah,”Ujar Peneas Lokbere Koordinator BUK yang selama ini setia mendampingi para korban  di Papua.

Dalam pertemuan itu Kalapas Klas II A Abepura dalam hal ini di wakili oleh Kepala seksi Pembinaan Lembaga Permasyarakatan,Herman SH  menyatakan tidak keberatan dan akan membantu proses administrasi pelimpahan berkas dari Lapas Abepura ke Lapas Nabire. “Namun untuk biaya pemulangan Kimanus Wenda terus terang kami tidak punya dana, sebab Lapas Abepura ini merupakan instansi vertikal yang tidak mendapatkan dana Otonomi Khusus tapi seluruh mata anggarannya dari Jakarta (baca pusat),” Ujarnya.

Untuk biaya pelayanan kesehatan termasuk obat-obatan dan kebutuhan medis lainnya dalam setahun ,anggaran yang di alokasikan buat Lapas Abepura hanya sebesar Rp 40,000,000,untuk semua pos pengobatan dan  itu sangat kecil bila di bandingkan dengan jumlah narapidana yang saat ini menghuni LP abepura sebanyak 400-an orang.Lanjutnya “Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada teman-teman Kuasa hukum dan BUK yang telah membantu biaya pengobatan Kimanus Wenda”.

Dalam pertemuan tersebut telah disepakati, rencana pemulangan Kimanus Wenda ke Lapas Nabire pada minggu depan setelah ada hasil akhir dari proses check up terakhir di Rumah sakit Abepura. Proses medical check up sendiri akan di laksanakan pada hari selasa, tanggal 15 Mei 2012. Kondisi Kimanus akan juga dikonsultasikan pada dokter di RS Dian Harapan yang selama ini menanganinya.”Kita harus memastikan dulu apakah Kimanus sudah sehat atau tidak sebelum diberangkatkan kembali ke Lapas Nabire. dan ini sudah menjadi prosedur,”ujarnya kembali.(Tim /AlDP)