Kuasa Hukum Areki Menilai Penangkapan dan Penahanan Terhadap Kliennya Tidak Sah

Areki2Wamena-Pemohon Praperadilan Areki Wanimbo yang diwakili oleh Kuasa Hukumnya dari Aliansi Demokrasi Untuk Papua(AlDP)dan koalisi LSM membacakan Gugatan Praperadilan di Negeri Klas II A Wamena dengan dipimpin oleh hakim tunggal Behinds JefryTulak, SH,MH.(11/09/2014).

“Bahwa pada saat PEMOHON ditangkap oleh polisi Polres Jayawijaya, polisi tidak/tanpa memperlihatkan surat tugas dan tidak disertai Surat Perintah Penangkapan yang mencantumkan identitas tersangka dan menyebutkan alasan penangkapan serta uraian singkat perkara yang disangkakan dan tempat ia diperiksa, perbuatan mana telah melanggar pasal 18 ayat (1) dan (3) KUH Pidana,” jelas Simon Patiradjawane,SH selaku anggota Tim Kuasa Hukum.

Lanjutnya,” Bahwa Pemohon ditangkap pada tanggal 6 Agustus 2014 tanpa Surat Perintah Penangkapan dan ditahan di Polres Jayawijaya di Wamena hingga lebih dari sehari atau 1 X 24 jam tanpa Surat Perintah Penahanan”

Selain dinilai tidak prosedural, Kuasa Hukum Areki menilai bahwa pencantuman pasal yang berganti-ganti dalam Surat Penangkapan, Surat Penahanan dan Berita Acara di Polda Papua menunjukan pihak kepolisian tidak cermat dan professional dalam bekerja.

“Jelas hal itu sangat merugikan pemohon,” tambahnya.

Gugatan setebal 21(duapuluh satu) halaman itu diakhiri dengan permohonan kepada hakim untuk menyatakan tidak sah dan membatalkan Penangkapan dan Penahanan yang dialami Areki Wanimbo. Selain itu polisi diminta untuk merehabilitasi nama baik Areki, memberikan ganti kerugian secara materil dan menyatakan permintaan maaf secara terbuka pada media massa.

Sidang ditunda kesesokan harinya untuk mendengarkan Jawaban dari pihak Termohon(Polres Jayawijaya.

Sidang yang berlangsung pada siang hari itu dihadiri oleh kapolres Jayawijaya, anggota Polres Jayawijaya baik yang berseragam maupun yang menggunakan pakaian sipil serta Tim Kuasa Hukum kapolres yang berasal dari Polda Papua yakni Anthonius Diance,SH,MH, Agustinus SH,MH dan Jacub Jamco,SH.(Tim/AlDP).