Berita

Koalisi LSM HAM Rencana Audience Dengan Kakanwil Hukum & HAM

Ilustrasi LP

Jayapura- Koalisi LSM untuk kasus kekerasan di lembaga Pemasyarakatan (LP) Abepura tanggal 30 April 2012 yang terdiri dari SKPKC Jayapura, Kontras Papua, LBH Papua, Elsham Papua, ALDP, KPKC Sinode GKI dan BUK melakukan pertemuan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan pertama yang di laksanakan pada tanggal 18 Mei 2012. “Hari ini saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman  yang telah  datang untuk mendiskusikan kembali agenda pertemuan kita  minggu lalu” .Ujar Olga Hamadi Koordinator Kontras Papua yang memberikan pengantar pertama diskusi hari ini (22/05/2012)

Olga menambahkan bahwa ada beberapa point penting yang akan kita periksa bersama  kembali agenda yang telah di susun yaitu rencana melakukan pertemuan dengan Kakanwil Hukum dan HAM , menyelesaikan laporan bersama . tapi yang terpenting bagiamana kepastian pertemuan yang rencananya hari kamis tanggal 24 Mei 2012.

Berkaitan dengan itu Sem Rumbrar dari Elsham Papua menyampaikan dirinya telah mengirimkan surat untuk permohonan audience dengan Kakanwil . Dan saya akan memastikan besok jika sudah fix akan saya hubungi sesegara mungkin. Ujarnya singkat.

Theo van de Broek Pejabat Sementara Direktur SKP-KC Jayapura menyampaikan laporan yang di buat oleh lembaganya bisa di katakan sebagai laporan awal dan mengakui masih terdapat beberapa yang harus di klarifikasi atau di lengkapi.  Di tambahkannya laporan ini bisa menjadi pintu masuk untuk membongkar praktek-praktek kekerasan yang selama ini terjadi di Lembaga pemasyarakatan Abepura. Oleh karena itu, menurutnya ini momentum yang tepat  untuk bertemu dengan Kakanwil.

Dalam laporan itu pengakuan korban kekerasan menjadi sangat penting untuk di tuliskan bukan pengakuan dari pihak-pihak lainnya. Ujar Matius Rumbrapuk dari Elsham Papua. Untuk itu menurutnya perlu ada wawancara mendalam dengan pihak korban.Sekali lagi ini sangat penting agar laporan yang kita sajikan bisa di pertanggung jawabkan.. Katanya dengan tegas.

Di akhir diskusi, Tim koalisi merumuskan tujuan audience dengan Kakanwil Hukum dan HAM Provinsi Papua . Ada 4 (empat point ) yang telah di sepakati  yaitu pertama meminta pertanggung jawaban hukum atas pelaku kekerasan tersebut. Kedua perlu ada jaminan perlindungan terhadap 42 orang korban kekerasan yang ada di LP Abepura. Ketiga memnita jaminan agar tidajk terjadi keberulangan peristiwa kekerasan serupa. Ke empat perlu ada perubahan pola pendekatan sipir terhadap para tahan /narapidana,. (Tim/ALDP)