Kimanus Tidak Sakit Namun Mengalami Kejenuhan

Kimanus Tidak Sakit Namun Mengalami Kejenuhan

Nabire – Pelaksana Harian Lembaga Pemasyarakatan Nabire M. Aminuddin mengatakan, Kimanus Wenda terpidana 20 tahun kasus pembobolan gudang senjata Kodim Wamena tahun 2003, dalam kondisi sehat.

“Untuk memastikan itu, kami meminta dokter yang memeriksa Kimanus untuk membuat surat pernyataan, sehingga kondisi kesehatanmnya dapat dipertanggungjawabkan bila ada yang bertanya atau complain,” kata M. Aminuddin, pekan kemarin.

Ia mengatakan, akan selalu terbuka memberikan informasi apabila ada pihak-pihak yang membutuhkan keterangan mengenai keberadaan penghuni Lapas Nabire.

Minah Weror, Kasubsi Keperawatan Lapas Nabire yang bertugas menangani kesehatan para tahanan dan narapidana menambahkan, dari hasil pemeriksaan, Kimanus dinyatakan sehat. Tak ada gangguan terhadap bekas operasi ataupun terdapat penyakit lain.

“Kimanus memang mengatakan kalau bekas operasi dan alat kelaminnya sakit, kami kemudian membawanya berobat ke rumah sakit dan ia ditangani oleh dr. Jhoni spesialis bedah,” kata Minah.

Saat ditemui AlDP Online pekan lalu, Kimanus terlihat segar bugar. Hanya saja nampaknya ia jenuh dengan situasi di Lapas. Kimanus menghabiskan waktunya untuk bermain bola belakangan ini.

Pihak Lapas pernah menyarankan apabila ia ingin ’keluar’ untuk mengunjungi keluarga beberapa jam, dapat dilakukan sebagaimana narapidana lainnya. Misalnya Linus Hiluka yang mendapatkan ijin keluar menemui keluarga. (Tim/AlDP)