Kimanus Sakit, Linus Keluhkan Sikap Lapas Nabire

Kimanus Sakit, Linus Keluhkan Sikap Lapas Nabire

Nabire – Terpidana pembobolan Gudang Senjata Kodim Wamena tahun 2003, Kimanus Wenda kembali menjalani rawat di RSUD Nabire.

Kimanus Wenda dan rekannya Linus Hiluka, sejak 5 bulan lalu telah dititip di Polres Nabire oleh kalapas Nabire karena insiden di Lapas yang melibatkan mereka. Mereka mengeluh atas status titipan mereka yang sudah cukup lama. Selain itu Kimanus Wenda membutuhkan perawatan medis akibat bekas operasi yang dialaminya tahun 2012 di Jayapura.

“Kami sedang menunggu janji kalapas untuk kembalikan kami ke Lapas Nabire,” Ujar Linus Hiluka yang ditahan bersama Kimanus Wenda.

Linus mengatakan surat dari mereka sebagai terpidana maupun surat dari Penasehat hukum sudah dilayangkan ke kanwil hukum dan HAM di Jayapura.

Hiluka juga menambahkan bahwa rekannya Kimanus kembali merasakan sakit di bagian bekas operasi yang dilakukan tahun 2012.

Menurutnya keluhan Kimanus sudah ada sejak tahun lalu namun pihak lapas terkesan tidak memperhatikan kebutuhan medis Kimanus.

“Sudah ada laporan melalui kuasa hukum kami dan Kimanus sudah dibawa ke rumah sakit, diantar polisi di sini karena petugas lapas tidak ada yang mau datang antar,dia berobat jalan” keluhnya.

“Hari ini(14/04/2015) Pihak kepolisian datangkan dokter ke penjara Polres, untuk periksa dan ibu dokter bilang Kimanus harus operasi ulang,” jelasnya.

Hiluka juga mengeluhkan sikap lapas yang tidak memperhatikan mereka bahkan terkesan dibiarkan selama mereka dititip di Polres Nabire.

“Kami minta diperhatikan dan dipindahkan kembali ke lapas Nabire, Titipan juga tidak bisa lama-lama begini,”tegasnya.(Tim/ALDP).