Kimanus Belum Balik,Jafrai Sudah Akan Tiba di Jayapura

Kimanus Belum Balik,Jafrai Sudah Akan Tiba di Jayapura

Jayapura-Perjuangan untuk mendapatkan ijin pengobatan buat Jafrai Murib terpidana seumur hidup kasus pembobolan gudang senjata Kodim Wamena tahun 2003  ke Jayapura nampaknya akan membuahkan hasil.”Rencana Jafrai Murib akan tiba di Jayapura hari senin depan,”Ujar Anum Siregar penasehat hukumnya.(03/05/2012).

Menurut Anum, dirinya sudah mendapatkan konfirmasi mengenai kepindahan sekaligus pengobatan Jafrai Murib dari LP Biak ke LP Abepura di Jayapura.Katanya,”Saya sudah komunikasi dengan kalapas dan KPLP Biak”.Sebelumnya adalah Kimanus Wenda terpidana 20 tahun pada kasus yang sama telah melakukan pengobatan ke Jayapura akibat hernia usus yang dialaminya. Kemudian Jafrai akan menjalani pengobatan untuk penyakit stroke yang dideritanya.

Rencana keberangkatan Jafrai terus tertunda akibat menunggu kesiapan dari LP  Abepura untuk menerima dirinya selain itu terganjal selama persidangan Forkorus dan Kimanus yang lebih dulu datang untuk berobat.”Pihak LP Abepura minta untuk dapat diselesaikan satu persatu karena kata mereka ini terkait dengan tenaga dan fasilitas pengamanan buat mereka,kemudian disusul dengan HUT LP jadi baru bisa difasilitasi sekarang,”katanya lagi.

Hingga kini Kimanus Wenda masih berada di LP Abepura dan masih menunggu koordinasi untuk pemulangan kembali dirinya ke LP Nabire.Namun koordinasi tersebut menjadi tertunda akibat dari insiden 30 April 2012 yang terjadi di LP Abepura.Pihak LP Abepura sementara ini menutup akses untuk pihak luar.

Anum berharap situasi ini akan cepat kembali normal,dirinya berharap pihak kanwil hukum dan HAM dapat melakukan penanganan di LP secara professional agar penghuni LP merasa haknya dilindungi dan pembinaan di LP berjalan lebih baik.Semuanya berkepentingan untuk situasi yang lebih baik di LP.

”Menghuni LP bukanlah dijalani 3 atau 4 bulan tapi bertahun-tahun oleh karena itu sebagai lembaga pembinaan harus dapat dibuktikan,penghuni LP, petugas LP terutama manajemen LP harus mendapat perhatian serius jika tidak aksi kekerasan akan tumbuh subur di sana,”tegasnya.

Yafrai Murib merupakan salah satu tahanan politik untuk kasus pembobolan gudang senjata Kodim Wamena bulan  April 2003, dia di putus oleh Pengadilan Negeri Wamena dengan masa hukuman seumur hidup.(Tim/AlDP).