Kepala Sekolah Pergi, Guru Juga Pergi
Salah Kampung di Merauke

Kepala Sekolah Pergi, Guru Juga Pergi

Alpius Toam

Jayapura–Adanya sejumlah guru selama ini tidak bertugas dengan baik dan meninggalkan tempat tugasnya dalam waktu yang lama sangat disayangkan oleh sekretaris dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Alpius Toam saat ditemui di Kantor Kepala Kampung Yakonde Distrik Waibu Kabupaten Jayapura. (21/07/2012).

Menurutnya ada banyak faktor yang membuat beberapa tenaga guru meninggalkan tempat tugasnya. “Diantaranya tempat tugas yang jauh sehingga membutuhkan biaya yang besar dan tidak ada fasilitas untuk guru,” katanya.

Namun menurutnya yang terpenting selain faktor tersebut yakni persoalan kepemimpinan seorang kepala sekolah yang tidak bisa menjadi panutan bagi bawahanya di sekolah. Katanya, “mengapa banyak guru yang tidak di tempat tugas dikarenakan juga banyak kepala sekolah yang sering meninggalkan tugas sebagai kepala sekolah”.

“Banyak kepala sekolah yang tidak ada ditempat tugas sehingga banyak guru yang juga melakukan hal yang sama. Bila kepala sekolah memiliki jiwa pemimpin maka harus dapat memberikan contoh yang baik bagi guru-gurunya,” jelasnya lagi.

Lanjutnya, “Kami pernah melakukan pertemuan kepala sekolah SMK seluruh Papua, dan banyak ditemukan kepala sekolah tidak ditempat yang mengakibatkan guru juga tidak ada di tempat walaupun ada faktor lain,” terangnya.

Ketidakhadiran kepala sekolah di tempat tugas sebagai faktor utama dan terbesar bagi tidak hadirnya guru-guru selama ini. Sehingga menurutnya harus ada pemahaman dan pemberian materi etika kepemimpinan bagi guru dan kepala sekolah.

Jelasnya, pemimpin harus memiliki kriteria seperti bermoral, tegas, rendah hati dan bisa mengayomi bawahanya. “Kriteria tersebut harus dimiliki pemimpin terutama para kepala sekolah”.(Tim/AIDP)