Keluarga Akhirnya Diberikan Akses Bertemu Tersangka Kasus Sasawa Serui

Keluarga Akhirnya Diberikan Akses Bertemu Tersangka Kasus Sasawa Serui

Serui-Pihak keluarga akhirnya bisa menjenguk dan membawa makanan serta keperluan lainnya ke ruang tahanan Polres kabupaten kepulauan Yapen di Serui. Sejak penangkapan dan penahanan ( 1Pebruari 2014), ke 6 orang Tersangka  tidak bisa ditemui oleh pihak keluarga, setidaknya akses buat mereka sangat dibatasi.

“Kami sangat bersykur dan berterima kasih karena ada Penasehat hukum. Sebelum-sebelumnya kami tidak bisa bertemu dengan adik saya, “Ujar mama Windesi , kakak kandung dari Salmon Windesi , salah satu tersangka kasus Sasawa 01 Februari 2014

Sebelumnya pada hari jumat (21/03/14) Penasehat Hukum dari  7 orang Tersangka kasus Sasawa, (1 telah ditangguhkan) telah bertemu dengan kasat reskrim Polres Serui guna membicarakan akses bagi keluarga untuk bertemu dengan para tersangka.

Dalam pertemuan itu kasat reskrim Polres Serui menyetujui akan akses kunjungan bagi keluarga.

“intinya pak kasat tidak keberatan asal itu memang dari keluarga Tersangka, pihak Polres khawatir saja jika terjadi apa-apa dengan mereka, kami sudah menyakinkan kepada pihak Polres.” Ujar Corry Silpa, salah satu Penasehat hukum Tersangka.

Perempuan alumnus fakultas hukum Universitas Cenderawasih itu menegaskan bahwa  koordinasi dengan keluarga tersangka dan Polres Serui tetap harus terjalin agar proses hukum bisa berjalan lancar dengan tetap memperhatikan hak-hak Tersangka.  Apalagi mengingat beberapa keluarga datang dari tempat yang cukup jauh dan harus menginap di kota Serui.

“Kasihan jika mereka sudah datang jauh-jauh dari pulau namun tidak diberikan akses, soal prosedur saat menjenguk tentu akan mereka ikuti,seperti pemeriksaan terhadap barang bawaan, identitas dan hubungan mereka dengan Tersangka. Mereka rata-rata keluarga dekat seperti istri, adik atau kakak,jadi mereka datang karena mau menjenguk dan membantu dengan makanan atau obatn-obatan,” katanya.(Tim AlDP)