Kasdam : Polisi Memiliki Tehnik Untuk Mengungkapkan Kejahatan
Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) di Kotaraja, Jayapura,andawat

Kasdam : Polisi Memiliki Tehnik Untuk Mengungkapkan Kejahatan

Wakapolda dan Undangan lainnya di Acara Papua lawyers Club

Jayapura-Kasdam XVII /Cenderawasih Brigjen TNI Daniel Ambat yang hadir pada acara diskusi Papua Lawyer Club(PLC) menyampaikan keprihatinnya atas meningkatnya eskalasi kejahatan dan harapan masyarakat yang tinggi agar kasus tersebut segera terungkap.(09/06/2012).

Katanya ditengah situasi yang masih tertib sipil maka sepenuhnya ada ditangan kepolisian,TNI tetap siap membantu. Selain itu fungsi pemerintahan masih berjalan normal.

Menurutnya, dalam hidup ini masing-masing orang memiliki tujuan dan sering terjadi benturan kepentingan. Ada motif ekonomi yang cukup besar, kekayaan sumber daya alam yang begitu besar seharusnya menjadi berkat.

Pihak Kodam akan selalu siap membantu pihak kepolisian dan mendekatkan diri apabila ada permintaan. “Kami tidak masuk sampai untuk pengungkapan kasusnya tapi untuk bantuan intelejen sangat mungkin”. Lanjutnya, “Polisi lebih lengkap dan  memiliki tehnik tertentu untuk mengungkapkan kejahatan”.

Kasdam juga diminta untuk memberikan klarifikasi terhadap beberapa tuduhan yang dialamatkan kepada TNI,mengenai keterlibatan TNI atas sejumlah kasus kekerasan yang terjadi belakangan ini. “Adalah naïf kalau dituduhkan kepada TNI,rasanya tidak mungkin ada aparat TNI yang melakukan hal seperti itu”.

Pernyataan Kasdam yang mengatakan fungsi pemerintahan masih normal, diinterupsi oleh perwakilan senat mahasiswa yang mengatakan, “bagaimana dengan belasan korban yang sudah meninggal dunia?”.

Pada kesempatan selanjutnya, mahasiswa tersebut mempertanyakan peran kepolisian dan TNI di Papua, “Ini dampak dari penempatan kapolda dan pangdam yang sudah mau pension” katanya.

Para peserta diskusi PLC mendesak pihak kepolisian untuk segera mengungkapan berbagai kasus kekerasan yang terjadi belakangan ini dan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat.Polisi bukan saja hadir dalam bentuk pos pelayanan di titik-titik tertentu tetapi polisi mampu melakukan tindakan pencegahan secara maksimal.(Tim/AlDP).