Kalapas : Jangan Ada Informasi Yang Keliru

Kalapas : Jangan Ada Informasi Yang Keliru

Staf-ALDP lagi berdiskusi dengan Petugas LP Wamena Kanius Murib

Wamena-Kanius Murib, terpidana 20 tahun kasus pembobolan gudang senjata kodim Wamena tahun 2003, kini menjalani hukumannya di luar LP Klas II B Wamena.

“Kami akan mengantar saudara sebagai PH Kanius untuk melihat kondisi Kanius” Ujar kalapas Klas II B Wamena kepada salah satu PH Kanius Murib, Anum Siregar SH saat ditemui di Lapas Wamena pekan lalu.

“Saya harap jangan ada informasi yang keliru apalagi mengatakan bahwa LP telah menelantarkan Kanius sebab keluarga yang meminta untuk merawat Kanius. Ini jalan terbaik agar selalu dekat dengan keluarga sebab di LP tidak setiap saat didampingi keluarga padahal dia membutuhkan itu,” Ujar kalapas Klas II B Wamena.

Kalapas kemudian meminta 2 orang staff nya untuk mengantar Anum Siregar ke Sinakma, tempat tinggal Kanius.

“Saya turut menjamin agar Kanius bisa menjalani pengobatan sesuai dengan harapan keluarga,pihak LP juga telah mengambil kebijaksanaan yang baik,” Ujar Markus Lanni  salah seorang petugas LP Wamena saat menuju Sinakma,pekan lalu.

Kondisi Kanius terlihat gemuk berbeda dengan dulu saat dirinya pertama kali masuk di LP Wamena. Kanius sedang duduk santai di depan honainya. Dia hampir tidak memberikan reaksi, hanya tersenyum sebentar, sendirian tanpa keluarga.

“Saya sampaikan ke anaknya kalau udara cerah pagi hari,Kanius harus duduk di luar seperti ini. Harus juga rajin kompres kakinya dengan air hangat,’Ujarnya lagi.

Setelah menjenguk Kanius, Anum Siregar kembali ke LP Wamena bertemu kalapas untuk mendiskusikan penanganan Kanius selanjutnya.(Tim/AlDP).