JPU Kasasi Atas Putusan Yang membebaskan Areki Wanimbo

JPU Kasasi Atas Putusan Yang membebaskan Areki Wanimbo

IMG20150415132717Wamena – Berbeda dengan para terdakwa kasus Pisugi Wamena yang mengajukan permohonan Kasasi, pada kasus Areki Wanimbo, JPU yang mengajukan permohonan kasasi kepada Mahkamah Agung RI.

Areki Wanimbo tokoh adat Lani Jaya yang dituduh melakukan makar, saat ditangkap di rumahnya tanggal 6 Agustus 2015 bersama 2 jurnalis asing telah diputus bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Wamena. Sebelumnya JPU telah menuntut Areki hukuman penjara 5 (lima) tahun.

“Bahwa majelis hakim tidak menguraikan secara cermat dan jelas unsur melakukan makar yang terkandung di dalam Pasal 106 KUHP untuk diterapkan sesuai dengan fakta-fakta hukum yang diperoleh dipersidangan,” demikian pendapat Teguh Basuki SH.MH ketua Tim JPU dalam Memori Kasasinya yang disampaikan pekan lalu.

Memori kasasi itu juga menyoroti keterangan saksi Nursalam Saka dan saksi Piter Wanimbo.

“Saksi Nursalam Saka menyatakan bahwa saksi memperoleh informasi dari informannya bahwa di rumah terdakwa sering digunakan untuk rapat-rapat gelap”.

Adapun terkait saksi Piter Wanimbo, JPU beragumentasi bahwa Areki Wanimbo terlibat dalam pembuatan Surat Permohonan uluran dana revolsi yang dikeluarkan atas nama Dewan Adat Lani Jaya karena Areki ikut menandatangani surat tersebut.

JPU kemudian meminta agar Areki Wanimbo dinyatakan bersalah dan dipidana selama 5 (lima) tahun penjara.

Atas memori kasasi tersebut, tim PH Areki Wanimbo telah menyampaikan memori kasasi ke Pengadilan Negeri Wamena tanggal 17 Juni 2015.(Tim/AlDP).