Jimmy Kapanai dkk Minta Dipindahkan Ke Lapas Serui

Jimmy Kapanai dkk Minta Dipindahkan Ke Lapas Serui

Belum genap seminggu putusan terhadap Jimmy Kapanai, Septinus Wonawai, Peneas Reri, Salmon Windesi, Rudi Otis Barangkea Kornelius Woniana dan Obeth Kayoi, terpidana peristiwa Sasawa di Serui oleh Pengadilan Negeri Sorong, Anum Siregar SH penasehat hukum mereka mengajukan permohonan pemindahan.

Surat tertanggal 15 November 2014 itu memohon pemindahan dilakukan dari Lapas Sorong ke Lapas Serui kabupaten Kepulauan Yapen.

“Bahwa mereka berasal dari Yapen dan Waropen yang telah dipindahkan persidangan mereka di Pengadilan Negeri Sorong dan setelah menjalani persidangan maka mereka telah diputus 3,5 tahun oleh Majelis Hakim pada persidangan tanggal 13 November 2014 di Pengadilan Negeri Sorong dan Putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap(incracht,” ini alasan pertama yang disebutkan dalam surat tersebut.

Selain itu,selama di Sorong mereka tidak dikunjungi oleh pihak keluarga dikarenakan semua keluarga mereka berada di Yapen dan Waropen, maka pada saat menjalani pemidanaan, mereka berharap dapat dikunjungi keluarga.

Anum juga menyatakan bersedia sebagai penjamin sedangkan dari pihak keluarga bersedia menyediakan dukungan dana agar proses pemindahan dapat berjalan lancar.

Diakui bahwa permohonan tersebut akan memakan waktu dan koordinasi dikarenakan Lapas Sorong dan Lapas Serui berada pada 2 Kantor wilayah(kanwil) hukum dan HAM yang berbeda sehingga harus berkoordinasi dengan Dirjen Pas di kementrian Hukum dan HAM di Jakarta.

Jimmy Kapanai dkk dipidana dengan pasal makar(106 KUHP),Pemberontakan(Pasal 108 KUHP) dan Kepemilikan Senjata tanpa ijin(UU Darurat No 12/1951).(Tim/AlDP).